Ada Madura Culture Festival, Kapal Pesiar Luar Negeri Mampir ke Sumenep

Kapal Pesiar MV National Geographic Orion
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Sumenep, VIVA JatimKapal Pesiar MV National Geographic Orion mengangkut 125 wisatawan mancanegara (wisman) untuk menghadiri acara Madura Culture Festival yang digagas Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Kapal pesiar luar negeri ini mengangkut wisman yang mayoritas dari Eropa berlabuh di Pelabuhan Kalianget pada Jumat Pagi, 25 Agustus 2023.

“Kehadiran para wisatawan mancanegara, kebanyakan dari Eropa, bukan hanya untuk menyaksikan keindahan dan pesona Sumenep. Mereka juga berkunjung untuk menyaksikan Madura Culture Festival,” kata Bupati Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Jumat, 25 Agustus 2023.

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Sesuai namanya, kehadiran para wisatawan mancanegara ke Sumenep itu langsung disambut dengan kesenian khas tradisional Madura. Begitu berlabuh di Pelabuhan Kalianget, mereka disuguhkan musik tradisional Saronen dan Tari Paraban Sonte.

Menurut Fauzi, rombongan kemudian diarahkan menuju Keraton Sumenep. Di area keraton, beragam kegiatan yang menjadi rangkaian Madura Culture Festival telah dimulai sedari kemarin, Kamis, 24 Agustus 2023. Seperti Pameran Museum, Keris dan Akik, serta Bonsai dan Ukiran.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan menambahkan, rombongan turis juga disambut dengan kesenian Saronin, Jaran Serek (kuda menari), termasuk Tari Pecut yang menjadi ciri khas Sumenep.

“Ada banyak kegiatan kesenian dan tradisi khas Sumenep yang menjadi bagian dari penyambutan para turis. Kehadiran turis dari Eropa ini melalui kapal pesiar biasa di Sumenep, sudah menjadi bagian dari trip wisata mereka,” kata Iksan.