Hati-hati! Merokok Dapat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung saat Olahraga

ilustrasi vape dan rokok
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Berolahraga secara rutin menjadi salah satu bentuk pola hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya beragam penyakit berbahaya, termasuk jantung. Namun, kesehatan jantung bisa terancam saat olahraga, apabila memiliki kebiasaan merokok lantaran membuat kadar oksigen menurun drastis.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Dilansir dari VIVA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Erta Priadi, SpJP, FIH, menjelaskan bahwa kebiasaan merokok sudah pasti berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Termasuk, dampak negatif merokok terhadap kesehatan jantung saat sedang beraktivitas dan olahraga.

"Rokok memiliki dampak negatif yang signifikan pada kemampuan jantung saat berolahraga. Rokok mengandung zat-zat berbahaya, terutama nikotin dan karbon monoksida. Saat seseorang merokok, nikotin menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah," ujarnya dalam webinar bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Pada saat yang sama, lanjut dokter Erta, karbon monoksida menggantikan oksigen dalam darah. Hal ini mengurangi pasokan oksigen ke otot dan jantung yang sangat dibutuhkan untuk tetap mengalirkan darah sehingga fungsi kerja seluruh tubuh dapat bekerja dengan baik.

"Inilah sebabnya mengapa rokok dapat memengaruhi kemampuan jantung saat berolahraga," tambahnya.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Selain itu, dokter Erta menegaskan bahwa rokok dapat menyebabkan beberapa masalah lain. Seperti penurunan kapasitas aerobik, di mana dampak paling terasa pertama kali adalah sesak atau engap.

"Kemampuan jantung dan paru-paru untuk menyediakan oksigen ke otot selama aktivitas fisik. Ini dapat membuat Anda merasa 'engap' atau cepat lelah saat berolahraga," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title