4 Pilar Penyangga Kesejahteraan Warga Keputih Surabaya

Aktivitas warga Kelurahan Keputih, Sukolilo, Surabaya
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Warga Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya kini merasakan manfaat dengan adanya program 4 Pilar Penyangga Kesejahteraan. Program tersebut diinisiasi Kampung Berseri Astra (KBA) sejak 2013 silam dan hingga kini masih terus berjalan.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Empat pilar penyangga kesejahteraan itu meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Ekonomi. Warga sekitar pun turut terlibat aktif dalam menjalankan program yang dinilai berdampak positif bagi kelangsungan hidup mereka.

Koordinator Kampung Berseri Astra (KBA) Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya, Sutikto mengatakan, bahwa sejauh ini program yang telah berjalan kurang lebih 10 tahun itu masih aktif dan mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. 

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

"Alhamdulillah ya, sejak didirikan bersama Astra 2013 lalu, hingga kini masih aktif program empat pilar itu," ujarnya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Di bidang pendidikan, Tikto menjelaskan, pihaknya bersama puluhan tim KBA Keputih Sukolilo menjalankan program edukasi bagi kalangan anak-anak dan pemuda di daerah tersebut. Salah satunya menyediakan rumah belajar, fasilitas komputer hingga taman bermain edukatif.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

"Biasanya kan, anak-anak yang ditinggal kerja oleh orangtuanya itu, mainnya sama kakek atau nenek. Nah kita fasilitasi taman bermain edukatif bagi mereka. Agar lebih maksimal, kami kerjasamakan juga dengan pihak kelurahan," tambahnya.

Setiap harinya, kata Tikto, selalu ada saja yang memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan itu dengan baik. Sehingga masyarakat sedikit terbantu dan menambah kegiatan pembelajaran di luar sekolah.

Halaman Selanjutnya
img_title