Usia Bertambah Tua, Laki-Laki dan Perempuan Bisa Terkena Menopause

dr. Cennikon Pakpahan, Sp.And
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Menyambut Hari Menopause se-Dunia pada 18 Oktober lalu, Rumah Sakit Ibu dan Anak Ferina menyelenggarakan seminar dengan topik Halo Menopause – Andropause. Seminar awam ini akan diselenggarakan pada Minggu, 22 Oktober 2023 dengan pembicara yang memiliki kapabilitas diantaranya dr. Cennikon Pakpahan, dr. Sonny Iwan Santoso.

Masturbasi Bermanfaat untuk Menopause, Mitos atau Fakta?

Tujuannya sebagai upaya meningkatkan awareness masyarakat terhadap Menopause dan Andropause.

‘’Usia bertambah tua, tentu fungsi dan kerja tubuh juga mengalami perubahan dan penyesuaian dengan tahapan yang baru. Baik laki-laki dan perempuan akan mengalami penyesuaian dengan pertambahan usia,’’ kata Cennikon, Jumat, 20 Oktober 2023.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Sonny menambahkan, menopause dan andropause adalah tahapan selanjutnya yang akan dihadapi laki-laki dan wanita ketika usia semakin bertambah. Menopause dan andropause, ungkap Sonny, merupakan suatu tahapan dalam kehidupan yang jarang dipaparkan namun mempunyai pengaruh besar di dalam kehidupan seseorang. 

Menjadi tua seperti sebuah takdir yang seolah-olah hanya dijalani begitu saja. Padahal usia bertambah, menopause dan andropause menanti bukan menjadi penghalang tetap menikmati hidup yang berkualitas di masa usia lanjut.

Kejari Surabaya Terapkan RJ Terhadap 6 Perkara, Termasuk Kasus Zangrandi Tiruan

 ‘’Seminar yang mengajak kita untuk lebih peduli bahwa usia lanjut juga memiliki kesempatan untuk tetap bahagia dan produktif. Seminar ini juga bagian kesadaran RSIA FERINA dalam rangka menyambut Hari Menopause Internasional,’’ kata Sonny.

Cennikon menambahkan, bagi masyarakat yang berusia 45 tahun keatas yang berminat untuk mengikuti seminar silahkan menghubungi pihaknya.

Halaman Selanjutnya
img_title