Antisipasi Masalah Pertanahan, PT SIER Teken MoU dengan Kementerian ATR/BPN

SIER Teken MoU dengan Kementerian ATR/BPN
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk mengatasi masalah di bidang pertanahan.

AHY Puji Loket Prioritas Tanpa Kuasa Hukum di BPN Surabaya 1

PT Danareksa (Persero) menginisiasi MoU ini di Ruang Breakout, Menara Danareksa, Jakarta pada Selasa 5 Desember 2023. Seluruh Direktur Utama pengelola kawasan industri dalam Holding BUMN Danareksa ikut serta, termasuk PT SIER

Acara ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Implementasi Kebijakan Strategis Kementerian BUMN Wahyu Setyawan dan Asisten Deputi Bidang Jasa Telekomunikasi dan Media Kementerian BUMN Priyatmo Hadi.

Dua Kasus Mafia Tanah di Jatim Berhasil Diungkap Menteri ATR/BPN AHY

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana, ada beberapa ruang lingkup dalam MoU ini. Pertama; pembuatan daftar seluruh aset yang dimiliki kawasan industri yang berada di bawah Holding BUMN Danareksa.

Kedua; penyelesaian aspek legal, apabila ada permasalahan pertanahan yang ada di kawasan industri, dan ketiga; melakukan penyesuaian peraturan. "Untuk poin ketiga ini bukan suatu masalah, hanya penyesuaian-penyesuaian aturan terbaru saja, agar investasi yang sudah masuk bisa berjalan dengan baik," kata Suyus.

Disaksikan Pj Gubernur Jatim, Direktur Bank Jatim Tandatangani MoU Penjajakan Kerja Sama KUB

Direktur Utama PT Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi mengatakan, Holding BUMN Danareksa merupakan holding BUMN spesialis transformasi dan investasi satu-satunya di Indonesia, yang memiliki sub-klaster yang berasal dari berbagai sektor. 

Holding ini membawahi tujuh kawasan industri yang lokasinya sangat strategis. Seperti di Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Kehadiran kawasan industri tersebut erat dengan kebutuhan dalam pengelolaan pertanahan dan tata ruang.

Halaman Selanjutnya
img_title