Senyum Warga Banyuwangi Berpenghasilan Pas-pasan Kredit Rumah FLPP

Perumahan FLPP di Villa Golden Ijen Banyuwangi.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Senyum Nike terlihat renyah ketika ditemui wartawan di rumah mungilnya di Villa Golden Ijen Banyuwangi akhir pekan lalu. Dia mengaku senang karena bisa memiliki rumah dengan cicilan terjangkau, sesuai dengan penghasilan per bulannya yang pas-pasan. Dengan begitu, perempuan berparas manis itu bisa menatap masa depan dengan tenang.

Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran 2024

Rumah yang dihuni Nike adalah rumah KPR bersubsidi, fasilitas yang diberikan pemerintah melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Ini adalah program Kementerian PUPR yang dikhususkan bagi Warga Berpenghasilan Rendah (MBR). Program ini dijalankan oleh PT Sarana Multigriya Finansial atau SMF (Persero), BUMN di bawah Kementerian Keuangan.

Nike mengaku mengikuti program tersebut pada tahun 2020. Dengan DP Rp20 juta, dia sudah menempati rumah tipe 36 tersebut sejak masih melajang. Selama 20 tahun, perempuan dengan panjang rambut sebahu itu hanya diharuskan menyisipkan duit cicilan sebesar Rp886 ribu setiap bulan. 

Anggaran Rp 60 Miliar Lebih Digelontorkan untuk Perbaiki Jalan Rusak di Trenggalek

Nike mengaku bekerja di sebuah salon kecantikan. Setiap bulan, dia mengantongi penghasilan antara Rp3,5 juga hingga Rp4 juta. Dengan cicilan rumah sebesar Rp886 ribu, dia mengaku mampu membayar angsuran. “Karena tidak punya rumah, akhirnya saya memutuskan untuk nyicil,” katanya.

Salah satu warga lainnya yang juga mengikuti program FLPP di Villa Golden Ijen mengaku juga menyiapkan Rp20 juta di awal pengurusan, untuk DP dan biaya administrasi lainya seperti notaris. Angsuran setiap bulan juga sama, Rp800 ribu. “Ada juga bantuan uang muka Rp4 juta. Jadi, [DP] saya hanya mengeluarkan Rp16 juta,” ujarnya.

Wah! Jumlah Hutang Pemerintah Naik, Capai Rp 8.253,09 triliun per 31 Januari 2024

KPR FLPP atau KPR Subsidi merupakan program yang memberikan akses pemilikan rumah murah bagi MBR yang memiliki skema memiliki angsuran tetap selama 20 tahun. Sejak tahun 2010 hingga September 2022, Program FLPP telah berhasil mendukung pemilikan rumah sebanyak 1,1 juta unit rumah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, dengan nilai FLPP yang disalurkan mencapai Rp104,8 triliun.

Pada tahun ini, pemerintah telah menyediakan dana sebesar Rp30 triliun untuk menyediakan akses ke perumahan yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia melalui program tersebut. Sampai dengan September 2022, pemerintah telah mencapai target sebesar 77 persen dari total target sebesar 200 ribu perumahan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title