Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi Sebut Setiap Pemimpin adalah Pencerita, Ini Maksudnya

Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi La Nyalla Mataliti
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya, Ali Affandi La Nyalla Mataliti, mempunyai pandangan menarik bahwa semua pemimpin adalah pencerita.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Dijelaskan Andi, sapaan akrabnya, pemimpin merupakan sosok yang mampu menginspirasi orang lain untuk menuju ke sesuatu hal dengan berbekal cerita hidup yang pernah dijalani.

"Ini dilihat bagaimana seorang orator Pak Karno [Presiden Soekarno] bisa bercerita dengan baik. Lalu kita bisa melihat bagaimana seorang Pak Harto [Presiden Soeharto] memberi contoh dan tindakan. Dan itu semua adalah cerita-cerita yang bisa menjadi inspirasi anak-anak muda," ujarnya saat berada di Gedung Srijaya, Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya, Senin 15 Januari 2024.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Andi lalu mengkorelasikan pandangannya itu dengan politik. Ia bilang di era sekarang, politik tidak lagi berbicara mengenai kekuasaan, melainkan sebuah cerita.

Hal itulah yang terjadi pada sosok Joko Widodo. Katanya, Presiden ketujuh itu dipenuhi dengan cerita. Dimana dulunya hidup di bantaran sungai Kota Solo, Jawa Tengah, lalu menjadi pengusaha kemudian Wali Kota hingga sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dan memegang jabatan politik tertinggi di tanah air.

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

"Semua itu dari cerita. Jadi kita bisa melihat berbagai macam literatur, rata-rata semuanya cerita," lanjutnya.

Andi, yang kini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI melalui Partai Demokrat itu melanjutkan, yang terjadi di segala lini kehidupan masyarakat juga tak lepas dari cerita-cerita.

Halaman Selanjutnya
img_title