Miris dan Memalukan, Limbah Plastik Indonesia Tertinggi Ke-5 di Dunia!

Ilustrasi sampah plastik
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Di balik ketenaran Indonesia sebagai wilayah yang kaya dengan sumber daya alamnya. Ternyata, negara yang memiliki puluhan ribu gugusan pulau-pulau ini menempati posisi tertinggi ke-5 di dunia soal limbah plastik. Hal ini pun menjadi isu krusial yang berdampak serius terhadap lingkungan dan kesehatan. 

Unik dan tak Biasa, 4 Cabang Olahraga Baru di SEA Games Kamboja

Dikutip dari VIVA, Kamis, 17 Januari 2024, untuk menghadapi tantangan ini, Plastic Bank, menginisiasi gerakan social recycling yang bertujuan mencegah polusi plastik di laut, sekaligus membantu mengurangi kemiskinan melalui daur ulang sampah plastik.

Berdasarkan data saat ini, Indonesia berada di peringkat ke 3 dalam negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN), setelah Filipina dan Malaysia yang masuk dalam kategori negara darurat limbah atau sampah plastik. 

Kader Pimpinan Anak Cabang Gerindra Gresik Solid Dukung dr Alif Cabup di Pilkada 2024

Sedangkan secara global, Indonesia hingga saat ini juga masih berada di peringkat ke-5, yang masuk dalam kategori negara dengan polusi limbah atau sampah plastik tertinggi di dunia.

Founder and CEO Plastic Bank, David Katz, menyebut bahwa sejak didirikan pada 2019, pihaknya saat ini telah berhasil mencegah 58 juta kilogram plastik yang berpotensi menjadi limbah di lautan.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Sejak didirikan pada tahun 2019, kami berhasil mencegah 58 juta kilogram plastik menjadi limbah yang mencemari lautan. Jumlah itu setara dengan 2,9 miliar botol plastik sekali pakai," kata David dalam pernyataannya, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Menurutnya, gerakan ini melibatkan kerja sama dengan pengepul sampah untuk mendorong kewirausahaan sosial melalui pengumpulan dan daur ulang sampah plastik. Dengan gerakan ini, Plastic Bank membagikan inspirasi kepada orang lain terkait data, nilai, uang dari Bali ke seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title