Khofifah Disebut Sosok Penentu Kemenangan Capres 2024 oleh Media AS, Ini Alasannya

Ketua Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimKantor berita asal Amerika Serikat, Bloomberg menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai sosok penentu kemenangan calon presiden Indonesia periode 2024-2029 dalam kontestasi Pemilu 2024

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Dalam artikel berita berjudul "One Woman Holds Sway In Indonesia’s All-Men Presidential Race" Bloomberg menulis Khofifah akan memberi pengaruh signifikan dalam  perolehan suara pasangan capres-cawapres yang didukung olehnya. 

"Khofifah Indar Parawansa, gubernur Jawa Timur, provinsi terbesar kedua di Indonesia, menjadi sosok yang berperan penting dalam kemenangan seorang presiden. Sama seperti saat kemenangan Presiden Joko Widodo, dimana Jawa Timur, rumah bagi 31 juta pemilih dan merupakan daerah pemilihan tradisional, memberikan suara untuk Jokowi dalam dua pemilihan terakhir," tulis Bloomberg. 

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Dikatakan, dukungan yang dideklarasikan Khofifah kepada Prabowo sangatlah penting dalam mencapai target pemilu satu putaran. Terlebih ditengah derasnya isu koalisi yang akan dibentuk Anies Baswedan bersama Ganjar Pranowo guna mencegah terjadinya Pemilu satu putaran. 

Gubernur Khofifah bersama para nelayan

Photo :
  • A Toriq A/Viva Jatim
KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Prabowo, yang memperoleh suara sebesar 46,7% dalam sebuah survei pada tanggal 23-24 Desember oleh Indikator Politik Indonesia, ditulis Bloomberg, harus mendapatkan setidaknya 50% suara nasional untuk meneruskan kepemimpinan Jokowi. Jika tidak, maka dua kandidat teratas akan bertarung dalam pemilihan ulang.

Bloomberg mengatakan sebagai salah satu pemimpin senior di Nahdlatul Ulama, Khofifah memiliki pengaruh yang sangat luas, tidak hanya di Jawa Timur saja. Khofifah ditulis merupakan pemimpin organisasi sayap NU dengan jumlah 30 juta anggota yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan sejumlah negara luar. Dukungan Khofifah untuk Jokowi dianggap sebagai salah satu alasan kemenangannya yang mudah di Jawa Timur untuk masa jabatan kedua di tahun 2019.

Halaman Selanjutnya
img_title