Gibran Sentil Cak Imin dalam Debat Keempat, Dibilang Mendapat Contekan dari Eks Mendag

Gibran Rakabuming di debat cawapres
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Dalam debat cawapres keempat pada Pilpres 2024 ini, Cawapres RI nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka, kembali menyentil Cawapreas nomor urut 01 Muhaimin Iskandar. Gibran kembali menyebut Cak Imin mendapat contekan dari eks Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Momen tersebut terjadi ketika Cak Imin menanyakan kepada Gibran mengenai strategi Gibran melaksanakan pembangunan berbasis regional agar menciptakan keadilan. Kemudian Gibran menjawab bahwa dirinya berkomitmen pembangunan tidak boleh lagi terpaku di Jawa.

"Intinya di sini Kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi Jawa sentris, harus mulai Indonesia sentris kemarin Gus Muhaimin menolak IKN, tidak apa-apa, akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu," kata Gibran menjawab pertanyaan Cak Imin.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Merespons jawaban Gibran itu, Cak Imin mengaku kurang puas dan merasa pertanyaannya tak dijawab sama sekali. Menurut Cak Imin, dalam UU yang ada, potensi regional yaitu wilayah nasional yang bukan hanya terbagi melalui politik dan administrasi saja. Melainkan terbagi juga melalui ekosistem lingkungan dan komunitas masyarakat yang tumbuh juga harus dipertimbangkan.

"Papua misalnya, Jangan pernah salah, membangun Papua harus berhasil, pemerataan dan keadilan yang sempurna. Maluku misalnya dengan kekuatan maritimnya Maluku menjadi bioregional untuk pengembangan ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jawa misalnya keberlanjutan pembangunan yang menumbuhkan potensi ekonomi secara pertumbuhan yang baik," ujar Cak Imin. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Gibran kemudian menjawab kembali tanggapan Cak Imin. Menurutnya, tanggapan Cak Imin itu sama persis dengan yang disampaikannya, terutama mengenai pemerataan pembangunan.

Kemudian, Gibran menduga Cak Imin tak mengerti pertanyaannya sendiri. Gibran menebak Cak Imin hanya membacakan pertanyaan contekan dari Eks Mendag Thomas Trikasih Lembong."Itu tadi kan udah saya jawab Gus mungkin Gus Muhaimin juga tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya mungkin itu kan mungkin dapat contekan itu dari Pak Tom Lembong mungkin itu ya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title