Gunakan Drone untuk Tanam Kedelai di Bangkalan, Gubernur Jatim: Harapan Baru Sektor Pertanian

Gubernur Jawa Timur bersama Pj Bupati Bangkalan dan Forkopimda saat meninjau lahan penanaman kedelai.
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

Bangkalan, VIVA Jatim –Di lahan seluas 3,5 hektar Desa Dlemer, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, dilakukan penanaman kedelai menggunakan drone pada  Rabu 24 Januari 2024. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan hal ini menjadi harapan baru bagi sektor pertanian.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Menurut saya ini new hope, harapan baru. Karena ini daerah yang  sebelumnya selama 25 tahun menjadi lahan tidur.  Lalu ini diolah 5 hari dan kemudian siap untuk ditebarkan benih kedelai," ujar Khofifah.

Dijelaskan, penanaman lewat teknologi udara ini merupakan bagian dari Gerakan Swasembada Kedelai dengan Teknologi Smart Precision Farming dan Pupuk Bio Organik Attapulgite. Metode ini jauh lebih efisien dibandingkan proses manual.

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Sebagai informasi, proses penanaman kedelai menggunakan drone ini bekerjasama dengan PT Hudson Global Indonesia. Durasi penanamannya hanya perlu waktu 10-15 menit per hektar,  jauh lebih cepat daripada proses manual yang seringkali membutuhkan waktu lebih dari sehari. 

Selain itu, lanjut Gubernur Khofifah, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah. Yakni di kisaran Rp150 ribu, lebih kecil dari manual yang membutuhkan anggaran hampir Rp2 juta. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

"Maka ini harapan baru bagi proses produktivitas lahan yang ideal menurut saya. Ini luar biasa dengan precision smart farming-nya karena kebutuhan teknologi di berbagai sektor, terutama di sektor pertanian, menjadi penting," katanya.

Gubernur Khofifah menambahkan, ketika metode ini berhasil, proses yang sama dapat diaplikasikan di desa-desa lainnya dinBangkalan dan  di Jawa Timur. Sehingga visi Bangkalan untuk menjadi sentra kedelai nasional dapat tercapai. 

Halaman Selanjutnya
img_title