UMKM Nahdliyin Keluhkan Akses Pasar, Ketua DPD RI Koneksikan dengan Kadin Jatim

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat menerima perwakilan dari Peran UMKM Indonesia di kantor Kadin Jawa Timur di Surabaya, Kamis 25 Januari 2024
Sumber :
  • DPD-RI

Surabaya, VIVA JatimKetua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima perwakilan dari Perkumpulan Andalan Nahdliyin UMKM Indonesia (Peran UMKM Indonesia) di kantor Kadin Jawa Timur di Surabaya, Kamis 25 Januari 2024.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Mereka mengadukan kepada LaNyalla perihal kendala yang dihadapi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah akses pasar dan permodalan. Hal tersebut yang dialami pula oleh sekitar 1,1 juta anggota UMUM Nahdliyin yang tergabung dalam PERAN UMKM Indonesia.

Ketua Umum PERAN UMKM Indonesia, KH M Endy Setyo Lesmana menjelaskan, sejak Juli 2023 jumlah anggota lembaganya berjumlah 1,1 juta. Namun, akses pasar dan permodalan selalu saja menjadi kendala yang dihadapi oleh anggotanya.

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

"Kami bersyukur anggota kami memiliki produk yang cukup berkualitas. Namun, saat kami ingin memperluas pasar, kendala yang kami hadapi adalah akses pasar, utamanya pasar modern dan kendala permodalan," tutur Gus Endy, sapaan karib KH Endy Setyo Lesmana.

Padahal, kata Gus Endy, minat masyarakat terhadap usaha UMKM cukup tinggi. Pun halnya selama ini UMKM menjadi penopang perekonomian nasional, karena pelakunya adalah masyarakat di tingkat akar rumput.

Tradisi Akhir Ramadan, Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Dimenangkan Ikan Seberat 13,1 Kg

"UMKM yang bergabung di kami sangat besar. Tahun ini kemungkinan jumlahnya akan bertambah menjadi 1,8 juta UMKM. Secara nasional, UMKM yang tergabung di lembaga kami sebanyak 6,8 juta dengan berbagai klasifikasi," jelas Gus Endy.

Gus Endy meminta saran kepada Ketua DPD RI agar untuk dapat mengurai persoalan yang mereka hadapi. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI langsung mengkoneksikan PERAN UMKM Indonesia kepada Kadin Jatim untuk berkolaborasi meningkatkan kualitas produk mereka, agar mendapat akses pasar yang lebih luas.

Halaman Selanjutnya
img_title