Begini Kondisi 12 ABK Asal Lamongan yang Selamat, 3 Masih dalam Pencarian

ABK yang selamat saat mendapatkan perawatan medis
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – 12 ABK Kapal Motor Nelayan (KMN) Putra Sumber Mas asal Brondong, Kabupaten Lamongan yang berhasil dievakuasi Tim SAR akhirnya dipulangkan ke Lamongan Jumat 26 Januari 2024. 

Sempat Terombang-ambing di Laut Lepas, 6 Nelayan Lamongan Berhasil Selamat

Para ABK itu kemudian dibawa ke RSU dr Suyudi Paciran untuk mendapatkan perawatan medis. Setelah itu mereka dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Diketahui, KMN Putra Sumber Mas mengalami mati mesin dan hilang kontak di utara pulau Giliyang. 

KMN Putra Sumber Mas kemudian dilaporkan hilang kontak pada Sabtu 20 Januari 2024. Kapal ini mengangkut 15 ABK. Sebanyak 12 ABK ditemukan Kapal Tugboat (TB) Kharisma Bahari 168, sedangkan 3 lainnya masih belum ditemukan. 

3 Pemuda di Bojonegoro Meninggal Dunia Usai Konsumsi Miras

Kalaksa BPBD Lamongan Joko Raharto mengatakan, 12 ABK yang selamat kini sudah dipulangkan ke rumahnya. 1 dari 1 ABK harus pulang dengan dijemput mobil sehat karena menderita luka pada kaki. 

"12 yang sudah dipulangkan dan mereka juga telah menjalani perawatan medis. Untuk 3 lainnya masih hilang dan dalam pencarian petugas," kata Joko saat dihubungi VIVA Jatim, Minggu 28 Januari 2024.

Cuaca Buruk, 2 Kapal Nelayan Lamongan Hilang Kontak saat Melaut

Joko menjelaskan, para korban juga telah diberikan bantuan oleh Bupati Lamongan melalui kantor BPBD setempat. Sementara untuk korban yang masih belum ditemukan, kini masih dalam pencarian oleh Tim SAR.