Kabar Baik, RIRS Jadi Inovasi Baru Pengobatan Batu Ginjal

Ilustrasi Dokter
Sumber :
  • Ilustrasi Dokter

Surabaya, VIVA Jatim – Ada kabar baik bagi penderita batu ginjal. Kini telah hadir inovasi pegobatan baru yang dikenal dengan metode Retrograde Intrarenal Surgery (RIRS). Terobosan ini ini tidak hanya efektif dalam mengatasi masalah batu ginjal, tetapi juga menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan metode bedah lainnya.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Dikutip dari VIVA, Selasa, 30 Januari 2024, Prof. Nur Rasyid menekankan bahwa RIRS menjadi metode yang efektif dan efisien dalam menangani batu ginjal dengan satu prosedur tindakan. Beberapa manfaat dan keunggulan RIRS meliputi:

1. Minimal invasif: RIRS tidak melibatkan sayatan pada tubuh, sehingga pemulihan lebih cepat, nyeri berkurang, dan risiko infeksi lebih rendah dibandingkan metode bedah terbuka.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

2. Membersihkan batu lebih efektif: RIRS memungkinkan penghancuran batu ginjal dengan akurasi tinggi menggunakan teknologi ureteroskop fleksibel dan sinar laser.

3. Mengatasi batu berukuran tertentu: RIRS dapat digunakan untuk batu ginjal berukuran hingga 2 cm yang sulit diangkat dengan metode bedah konvensional.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

RIRS memberikan penanganan yang disesuaikan dengan setiap pasien, memungkinkan dokter untuk merancang strategi yang tepat berdasarkan karakteristik batu ginjal.

Dengan terobosan ini, diharapkan pasien batu ginjal dapat mengalami proses pengobatan yang lebih efisien, minim risiko, dan hasil yang optimal. Perkembangan ini membuka babak baru dalam penanganan batu ginjal, memperlihatkan kemajuan signifikan dalam dunia urologi di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title