Peluang Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Kian Besar di Jatim, Prediksi Pengamat Politik Begini

Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim-Pengamat Sosial Politik Universitas Airlangga Surabaya, Fahrul Muzaqqi menyebut, ada beberapa faktor yang berpotensi memenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran, khususnya di wilayah Jawa Timur satu putaran dinilai terbuka lebar.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

"Saya melihat beberapa data hasil survei, dari komparasi beberapa data survei yang saya amati, ini lembaga survei yang sudah dikenal kredibilitasnya, itu sudah menunjukan prosentase yang siginifikan," ungkap Fahrul, Selasa, 30 Januari 2024. 

Fahrul merinci, secara nasional per awal Januari sampai akhir Januari 2024, trend pasangan Prabowo-Gibran terus mengalami kenaikan. Sementara pada pasangan Ganjar-Mahfud trendnya justru cenderung menurun. Sementara pada pasangan Anies-Muhaimin, memang mengalami kenaikan, tetapi tidak begitu signifikan.

Relawan Bocahe Gibran Nusantara: Putusan MK Final, Prabowo-Gibran Sah Secara Konstitusional

"Kalau awal Januari, 02 ini kan hasil surveinya sudah 48 persen. Saya rasa sangat mungkin diakhir Januari sudah bisa mendekati 50 persen. Nah, coblosan kan sebentar lagi. Jadi ada peluang menang satu putaran,. Kalau untuk Jawa Timur, sebelumya sudah 50 persen. Prediksi saya nanti justru bisa tembus 60 persen," urainya.

Faktor kedua, masih kata Fahrul, simpul-simpul ketokohan di banyak bidang yang terdapat di pasangan Prabowo-Gibran sudah mulai terasa gelombangnya dalam menambah kekuatan pasangan Prabowo-Gibran.

Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024, Otto Hasibuan: Prabowo-Gibran Tak Hadir

"Contoh saja ada Bu Khofifah. Bu Khofifah juga sudah terang-terangan ada di pihak 02. Kita semua juga tahu ketokohan dan kekuatan massa dari Bu Khofifah," sambungnya.

Selain Khofifah, lanjut Fahrul, ada nama Soekarno dan Gus Ipul yang notabene pernah menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title