Gus Imin Siap Alihkan Anggaran Food Estate untuk Ketersediaan Pupuk Petani

Gus Imin saat kampanye di Lumajang
Sumber :
  • Thoriq/VIVA Jatim

Lumajang, Viva Jatim - Calon Wakil Presiden dari nomor urut 1 Gus Muhaimin Iskandar bersedia mengalokasikan anggaran Food Estate untuk ketersediaan pupuk petani Indonesia. Langkah ini menjadi upaya strategis untuk menyelamatkan masa depan ketahanan pangan di Indonesia.   

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Ia pun siap menghentikan program yang dinilainya gagal total tersebut. Pihaknya memilih untuk langkah strategis yang dibutuhkan masyarakat di tingkat akar rumput. 

"Food estete kita hentikan, anggarannya Rp2 triliun kita alokasikan untuk pupuk," kata Gus Imin saat melakukan kunjungan kampanye di daerah Lumajang, Jawa Timur, Sabtu 3 Februari 2024. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Ketua Umum PKB ini juga akan mengalokasikan anggaran program tersebut untuk menyediakan BBM bagi para petani, yang masih memakai diesel dalam mengaliri sawahnya. 

"Kita alokasikan untuk BBM bagi para petani kita, bagi para nelayan kita," ujarnya. 

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

Menurutnya, sudah dari dulu seharusnya petani, nelayan dan peternak menjadi atensi pemerintah dengan membuat anggaran prioritas. Sebab, para petani adalah tonggak ketersediaan pangan nasional, sehingga tidak lagi memerlukan impor dari luar negeri jika pangan dalam negeri surplus. 

"Krisis iklim itu dua, petani dan nelayan, ini dua. Masyarakat kita harus benar benar diprioritaskan, termasuk yang ketiga adalah peternak, padahal mereka adalah pahlawan-pahlawan yang menyediakan pangan buat bangsa kita," lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title