Kunjungan Kerja ke PT Smelting Gresik, Wamenaker: Perhatikan Perlindungan Pekerja Perempuan

Wamenaker Afriansyah Noor saat kunjungan kerja di Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/ Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor mengapresiasi upaya PT Smelting dalam memperhatikan hak dan kepentingan pekerjanya. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Hal itu disampaikan Afriansyah Noor saat melakukan kunjungan kerja ke industri permurnian tembaga di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

"Ini penting agar tercipta hubungan industrial yang harmonis dan kondusif dalam menciptakan budaya kerja yang sehat," ujar Wamenaker di hadapan manajemen, pekerja dan perusahaan subkontraktor.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Ia meminta seluruh stakeholder ketenagakerjaan untuk meningkatkan pelindungan bagi pekerja perempuan dari tindak kekerasan, pelecehan seksual, dan diskriminasi di tempat kerja. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap produktivitas kerja dan dapat berdampak pada kelangsungan usaha.

"Oleh karena itu, perlu adanya kepedulian bersama demi mewujudkan kenyamanan bekerja melalui pencegahan Kekerasan dan Pelecehan di tempat kerja," kata Afriansyah Noor, Senin, 5 Februari 2024.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

Sementara itu, untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja perempuan, khususnya terkait pencegahan kekerasan, pelecehan seksual, dan diskriminasi di tempat kerja, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya, di antaranya bimbingan teknis kepada manajemen perusahaan dan SP/SB. 

Membangun komitmen perusahaan melalui Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB), serta integrasi dan koordinasi lintas sektoral dalam penegakan hukum.

Halaman Selanjutnya
img_title