Survei Elektabilitas Caleg DPRD Jatim Dapil Jember-Lumajang: Fawait Tertinggi, Disusul 2 Tokoh Muda

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt
Sumber :
  • VIVA Jatim/Abdul Hady JM

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru dengan memotret elektabilitas Caleg DPRD Jawa Timur Dapil 5 (Jember-Lumajang). Hasilnya, patahana dari Partai Gerindra Muhammad Fawait masih di posisi tertinggi yaitu sebesar 8,9 persen.

DPRD Jatim Soroti Zonasi PPDB, Minta Pemerintah Kembangkan Sekolah Swasta

Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt, mengatakan selain Fawait ada pendatang baru yang cukup moncer, yakni Dwi Arya Nugraha Oktavianto dari Golkar 5,7% dan Mahathir Muhammad dari Partai Demokrat 4,2%.

"Ini (Oktavianto dan Mahathir) dua tokoh muda, bukan patahana tapi berpotensi lolos ke DPRD Jatim," kata Baihaki kepada wartawan di Surabaya, Rabu 7 Februari 2024.

Kompak! Pemprov dan 38 kabupaten-kota Se Jatim Raih WTP 2 Tahun Berturut-turut

Bahkan, kata dia, elektabilitas Mahathir mengalahkan Muhammad Reno Zulkarnaen yang saat ini menjabat anggota DPRD Jatim dari Demokrat.

Namun, berdasarkan temuan hasil survei ARCI, potensi politik uang masih tinggi mempengaruhi pemilih. Sebab, 71,2% masyarakat berpotensi masih akan mengubah pilihan bila mendapatkan bingkisan atau amplop.

Survei ARCI Pilkada Jember 2024: Elektabilitas Gus Fawait Ungguli Petahana

"Pengaruh keluarga hanya 7,8%, kemudian ajakan tokoh agama hanya berpengaruh 5,1% dan karena mengetahui visi dan misi calon 2,3%," tegasnya.

Baihaki menambahkan, berdasarkan simulasi yang dilakukan ARCI, dari 11 kursi DPRD Jatim untuk Dapil Jember-Lumajang, dengan menggunakan sistem sainte-lague, maka Gerindra, PDIP dan PKB masing-masing mendapat dua kursi. Sedang NasDem, Golkar, PPP, PKS, dan Demokrat masing-masing satu kursi.

Halaman Selanjutnya
img_title