Keren! Mahasiswi Universitas Surabaya Ini Kampanyekan Anti Golput Lewat Ratusan Rubik

Kedua mahasiswi menunjukkan hasil karyanya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Aksi dua mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) ini patut diapresiasi setelah ikut andil mengkampanyekan gerakan anti golput dalam Pemilihan Umum 2024 melalui ratusan rubik.

AMI Kepung KPU Surabaya, Pertanyakan Oknum Berijazah SMP Lolos Nyaleg

Rubik merupakan alat bermain berbentuk kubus semacam teka-teki mekanik yang bisa diputar pada porosnya. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna berbeda.

Nah, di tangan Michelle Angelina, mahasiswi Prodi Teknik Informatika Program Kekhususan Digital Media Technology Fakultas Teknik dan Kiera Ashley mahasiswi Prodi Desain dan Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya. Ratusan benda permainan itu disusun sedemikian rupa hingga membentuk tulisan 'Gen Z Anti Golput'.

Gunakan Hak Pilih, Wali Kota Eri Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 35 Jambangan Surabaya

Hasil karya kakai beradik itu lalu dipamerkan di Gazebo Fakultas Industri Kreatif, Kampus Ubaya, Tenggilis, Surabaya. Dan bisa disaksikan mulai hari ini, Senin, 12 Februari 2024.

Kiera mengatakan, pembuatan karya ini bertujuan untuk mengingatkan rekan sesama mahasiswa agar tidak golput dan bersedia menyalurkan hak suaranya pada bilik suara pada Rabu, 14 Februari 2024.

Didampingi Anak dan Mantu, Bupati Lamongan Gunakan Hak Pilihannya di TPS 006

"Kami yang kuliah saat ini ‘kan termasuk Gen Z. Menurut data KPU, pemilih generasi Z mencapai lebih dari 46 juta orang atau sekitar 22,85 persen. Artinya, kita punya peran yang cukup besar dalam menggunakan hak pilih untuk memilih calon pemimpin di masa depan. Untuk itu, kami mengajak teman-teman mahasiswa untuk menggunakan hak suaranya pada pemilu nanti," kata Kiera.

Mahasiswa angkatan 2022 itu menambahkan, rubik sengaja dipakai sebagai media kampanye menyuarakan ajakan memilih pada Pemilu 2024 supaya menarik perhatian. Selain karena warnanya yang beragam, mainan ini juga sangat identik dengan anak muda. Sehingga, cocok sebagai media penyampai pesan dalam karya.

Halaman Selanjutnya
img_title