Pihak Amerika Serikat Menunggu Hasil Pilpres Indonesia, Siap Ucapkan Selamat pada Prabowo

John Kirby
Sumber :
  • Viva

Amerika Serikat, VIVA JatimRakyat Indonesia saat ini tidak sabar menunggu hasil pemilihan umum (pemilu) 2024, terutama pemilihan presiden. Tidak terkecuali, pihak Amerika Serikat berkata bahwa mereka kini tengah menunggu waktu yang tepat untuk menyampaikan selamat kepada calon presiden Indonesia yang terpilih dalam Pilpres di agenda Pemilu 2024.

Rakercab DPC PPP Lamongan, Targetkan 85 Persen Kemenangan Yes Dirham

Dilihat dari hasil quick count, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan hasil yang cukup besar.  

"Kami akan menyampaikan ucapan selamat kami pada waktu yang tepat. Saya tidak bisa memberi Anda tanggal pasti atau waktu pasti karena saya memahami bahwa hasilnya masih akan diumumkan dalam waktu lama,” kata John Kirby, penasihat komunikasi keamanan nasional dalam pengarahannya di Gedung Putih, dikutip dari VIVA, Jumat, 16 Februari 2024. 

Sebanyak 33 Komunitas se Jakarta Resmi Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub DKI Jakarta

"Kami akan menghormati pemilu dan suara rakyat Indonesia," lanjutnya. 

Lebih lanjut, disinggung apakah pemerintahan Joe Biden nyaman dengan rekam jejak Prabowo, Kirby menggarisbawahi bahwa hak asasi manusia tetap menjadi fondasi paling dasar atas kebijakan luar negeri Biden. 

Bawaslu Tuban Petakan Kerawanan Pemilu, Sebut ASN Tidak Netral

“Tak ada satu pun pembicaraan yang dilakukannya di manapun di dunia ini dengan pemimpin asing ia tidak membicarakan masalah ini, dan selalu mengungkapkan perhatian mengenai hak asasi manusia dan hak sipil, dan itu tak akan berubah,” jawabnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Matt Miller juga telah memberikan selamat atas berlangsungnya pemilu di Indonesia. “Kami memberikan selamat kepada rakyat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini,” katanya dalam pernyataan melalui Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title