Belasan Petugas KPPS di Tulungagung Dilarikan ke Rumah Sakit

KPU Tulungagung jenguk petugas KPPS saat dirawat di Puskesmas
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Belasan Penyelenggara Pemilu 2024 di Kabupaten Tulungagung mengalami sakit hingga harus dirujuk ke puskesmas dan rumah sakit. Mereka mengalami kelelahan usai menjalankan tugas selama 24 jam lebih pada 14 Februari hingga keesokan harinya 15 Februari 2024.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

Jajaran KPU Tulungagung langsung menjenguk mereka yang sedang dirawat di rumah sakit, diantaranya petugas KPPS yang dirawat di Puskesmas Kauman Jalan Soekarno-Hatta No 2 Tulungagung.

"Sementara dari kemarin data ada sekitar 16 penyelenggara di tingkat bawah PPS maupun TPS (KPPS) dan Linmas yang sakit. Karena kelelahan dan kecapekan. Mereka yang KPPE kelelahan karena tenaganya diporsir 24 jam lebih," kata Komisioner KPU Tulungagung Muchamat Amarodin di Puskesmas Kauman, Jumat 16 Februari 2024.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

Amar mengaku, beberapa petugas dalam kondisi sudah di rumah sehingga rawat jalan. Beberapa masih di rumah sakit maupun puskesmas, seperti di Puskesmas Kauman ini terkena tipes sehingga harus perawatan intensif sampai sembuh.

"Alhamdulillah tidak ada yang parah, yang agak ini tipes, lainnya memang kecapekan. Hampir 24 jam mereka kerja mulai jam 3 pagi sampai selesai jam 3 pagi juga," jelasnya.

Selama Lebaran Rumah Sakit Ini Siaga 24 Jam Layani Pasien Trenggalek

Ia mengaku kategori usia yang mengalami sakit ini hampir semua usia produktif yaitu di bawah 50 tahun.

Amar mengaku akan mendata semua petugas dan akan diusulkan mendapat santunan.

Halaman Selanjutnya
img_title