Dua Ruangan di Balai Desa Banjartanggul Mojokerto Ambruk, Diduga Faktor Usia

Kondisi dua ruangan di Balai Desa Mojokerto yang ambruk.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Salah satu gedung di Balai Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Mojokerto ambruk. Gedung yang difungsikan ruang kantor Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) itu ambruk diduga karena keropos termakan usia. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, amburknya gedung terjadi pada Kamis, 15 Februari 2023 lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu bersamaan dengan turunnya hujan dengan intensitas sedang. 

Namun, BPBD Kabupaten Mojokerto baru menerima laporan kejadian tersebut pada Selasa, 20 Februari 2024. Mendapati laporan tersebut, tim BPBD Kabupeten Mojokerto mendatangi lokasi kejadian untuk melalukan asesmen. 

Buruh Pabrik di Mojokerto Jajakan Istri Sambil Bawa Anak Saat Layani Pelanggan

“Berdasarkan Keterangan dari Carik setempat Bahwa Ruang PKK dan BPD Ambruk dikarenakan usia bangunan kurang lebib 24 Tahun,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim dalam keterang tertulis yang diterima VIVA Jatim, Rabu, 21 Februari 2024. 

Selain atap dan temboknya ambruk, peristiwa itu menyebabkan sejumlah meja dan kursi rusak. Beruntungnya, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. “Ruang PKK dan BPD ukuran 6 x 10 meter persegi mengalami rusak berat,” ungkap Khakim. 

Jatuh Usai Bersenggolan, Wanita di Mojokerto Ini Tewas Tertabrak Motor

Sementara, Camat Pungging Amsar Azhari Siregar mengatakan, pada saat kejadian ada kegiatan rapat anggota KPPS di Pendopo Balai Desa Banjartanggul. Beruntungnya, ketika mereka tak menggunakan ruang yang ambruk tersebut sehingga tidak ada korban jiwa. 

“Saat kejadian hujan deras, tiba-tiba ambruk, kata Pak Kades (Kepala Desa) memang sudah agak retak. Atap menimpa tembok dan rata dengan tanah. Itu satu gedung dua ruang,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title