Ramadhan Belum Tiba, Tiket Kereta Api Arus Balik Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Suasana penumpang menunggu Kereta Api di Stasiun
Sumber :
  • Humas Daop 7 Madiun

Surabaya, VIVA Jatim – Ramadhan belum tiba. Tapi, tiket kereta api (KA) angkutan arus balik Lebaran untuk jarak jauh sudah bisa dibeli sejak Selasa, 27 Februari 2024. Tiket yang dipesan pada Selasa ini untuk keberangkatan 12 April 2024.

Pemudik Penuhi Stasiun Stasiun Daop 8 Surabaya saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, pemesanan tiket bisa dilakukan secara online melalui aplikasi _Access by KAI,_ website kai.id, maupun mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket pada masa angkutan lebaran 2024, harap diperhatikan kembali dan teliti dalam menginput data identitas penumpang, tanggal keberangkatan serta jadwal perjalanan KA, agar tidak ada kekeliruan pemesanan dan keberangkatan nantinya," ucap Arif dalam keterangannya.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Adapun tarif tiket kereta api di periode angkutan Lebaran tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) untuk kereta api yang termasuk dalam KA komersial. Adapun harga tiket untuk KA _Public Service Obligation (PSO)_ atau yang mendapat subsidi, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk angkutan Lebaran, Arif mengatakan bahwa KAI telah membuka pemesanan tiket angkutan lebaran mulai 15 Februari dengan menerapkan pemesanan tiket H-45 sebelum keberangkatan.

Arus Balik Lebaran, Ada Peningkatan 40 Persen Penumpang di Stasiun Kereta Api Babat Lamongan

Hingga saat ini, pemesanan tiket pada arus mudik Lebaran 2024 saat ini telah terpesan sebanyak 49.706 tiket, untuk periode 31 Maret - 11 April 2024 atau H-10 hingga H-2 Lebaran.

Stasiun dengan pemberangkatan terbanyak terjadi di Stasiun Surabaya Gubeng yang akan melayani 16.065 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 12.163 pelanggan, Stasiun Malang 7.080 pelanggan, dan diikuti stasiun lain di Daop 8 Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title