Tak Hanya Beras, Harga Kebutuhan Pokok Lain juga Naik di Mojokerto, Begini Penjelasan Satgas Pangan!

Satgas pangan sidak pasar di Mojokerto
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Sejumlah bahan pokok di sejumlah daerah menjelang bulan Ramadan, tak terkecuali di Mojokerto. Hal itu membuat Tim Gabungan Satgas Pangan dari kepolisian turun ke lapangan.

Ramadan Berakhir, Saatnya Menghangatkan Ranjang dengan Gaya Ini!

Tim Satgas Pangan Polres Mojokerto menggelar sidak di sejumlah toko area Pasar Raya Legi, Mojosari. Sedikitnya, ada 5 toko yang disasar. Di sana, tim mengecek jumlah atau ketersediaan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Lalu, menyinkronkan keluhan warga terkait harga bahan pokok, terutama beras. 

Hasilnya, ketersedian stok beras masih aman meski ditemukan kenaikan harga. Harga cabai, hingga daging ayam pun mengalami lonjakan menjelang Ramadan.

Polisi-Diskomindag Sidak SPBU Trenggalek, Pastikan Tak Ada Kecurangan BBM

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Imam Mujali menjelaskan, satgas pangan blusukan ke Pasar Raya Mojosari untuk mengawasi pergerakan harga sembako. Terlebih lagi menjelang Ramadan yang tradisinya permintaan masyarakat tinggi sehingga harga kebutuhan pokok meroket.

"Satgas Pangan Polres Mojokerto juga mengawasi pendistribusian beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) dari Bulog," terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Jatim, Jumat , 1 Maret 2024. 

Bersama Instaperfect, Marsha Timothy Ajak Perempuan Ambil Langkah Baik di Bulan Ramadan

Ia menjelaskan, sejauh ini pasokan beras SPHP ke para pedagang lancar. Sehingga stoknya di Pasar Raya Mojosari masih aman. Beras yang digelontorkan Bulog itu dijual kepada para konsumen seharga Rp 10.500-10.900/Kg.

Lonjakan harga kebutuhan pokok terjadi pada komoditas beras premium, cabai merah, cabai rawit, serta daging ayam potong. Harga beras premium melonjak signifikan dari Rp 68.000 menjadi Rp 73.000/5Kg, atau dari Rp 13.600 menjadi Rp 14.600/Kg.

Halaman Selanjutnya
img_title