Rumah di Tulungagung Tertimpa Longsor, 1 Luka Parah 7 Ringan

Pasca longsor rumah rata dengan tanah
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sebuah rumah di Desa Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung rata dengan tanah setelah tertimpa longsor akibat hujan deras. Setidaknya ada 8 orang yang mengalami luka, satu diantaranya luka parah karena terjepit reruntuhan rumah.

Kepala Desa Pagerwojo, Adi Setiono menuturkan kejadian berawal pukul 14.00 WIB Senin (14/11/2022) hujan deras. Selang beberapa waktu, tepatnya pada pukul 16.00 WIB, sebuah rumah di Desa/Kecamatan Pagerwojo diterjang tanah longsor. Hal tersebut menyebabkan seluruh penghuni rumah tertimpa material.

"Ada delapan orang di dalam rumah tersebut mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan. Lokasi rumah memang dekat tanah terasiring, dikarenakan hujannya deras, akhirnya terjadi longsor," ujar Adi Setiono, Selasa 15 November 2022.

Adi menambahkan, sebagian penghuni rumah sedang berada di dalam dapur untuk memasak. Karena, hari Selasa 15 November 2022 ini  akan menggelar acara hajatan di rumah tersebut.

Kejadian longsor diketahui hanya menimpa satu rumah. Kendati demikian, akses jalan menuju rumah tersebut tidak terdampak. Sehingga bantuan untuk evakuasi bisa segera dilakukan oleh tim gabungan.

"Tebing yang berada di dekat lokasi kejadian tidak tinggi. Tapi berbentuk terasering, yang mengkhawatirkan saat hujan," imbuhnya.

Adi merinci delapan korban, dua diantaranya masih anak-anak. Sementara, sisanya merupakan orang dewasa. Total empat korban sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Pagerwojo.

Kemudian tiga korban sisanya tidak menghendaki dibawa ke Puskesmas serta memilih beristirahat di rumah tetangga sebelahnya.

Lebih lanjut, untuk satu korban sisanya hingga tadi malam dilakukan proses evakuasi oleh petugas gabungan. Baik dari Polsek Pagerwojo, BPBD Tulungagung maupun TNI. Ia berharap agar satu korban lekas membaik karena sudah bisa dievakuasi.

"Petugas gabungan (tadi malam) melakukan evakuasi. Kondisi terkini korban masih hidup," tutupnya.

Bus Bagong Kena Tilang Polisi gegara Nekat Lawan Arus Lalu Lintas di Tulungagung