PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPemilu 2024 DPRD Jawa Timur Daerah Pilihan (Dapil) XIV Madura selesai dilakukan perhitungan secara manual oleh KPU tingkat provinsi. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Hasil dari penghitungan itu pun menghasilkan PKB sebagai partai pemilik suara terbanyak dengan angka 543.978 suara. Jika dihitung dengan metode Sainte Lague, dua kursi yang sebelumnya dimiliki PKB pada pemilu 2019 pun berhasil dipertahankan. 

Kendati demikian, kedua kursi tersebut diisi oleh orang pendatang baru. Aliyadi Mustofa dan Nurfitriana Busro sebagai incumbent pun berhasil ditumbangkan oleh Moch Fauzan Ja’far dan Nur Faizin. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Berbeda tipis hasilnya dengan PKB, NasDem juga berhasil mempertahankan dua kursi yang dimiliki sebelumnya, dengan perolehan 534.718 suara. Dibawah Nasdem ada PDI Perjuangan yang mendapat 492.509 suara. Jika dihitung melalui metode yang sama, maka PDIP mendapat tambahan kursi, dari yang sebelumnya satu menjadi dua kursi. 

Petugas KPPS memperlihatkan Suara Pemilu

Photo :
  • Viva
AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Kemujuran PDI Perjuangan ternyata tidak berlaku pada Partai Demokrat. Partai yang dikomandoi Agus Harimurti Yudhoyono ini harus kehilangan satu kursi di parlemen Jatim untuk dapil Madura, karena hanya mendapat 337.385 suara. Angka tersebut tidak cukup untuk mengusung dua kursi sekaligus. 

Pendapatan kursi yang sama dialami Partai Golkar dengan perolehan 228.574 suara dan berhasil mempertahankan satu-satunya kursi yang dimilikinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title