Demi Kenyamanan Berpuasa, Satpol PP Gresik Intensif Gelar Patroli Warung Buka Siang

Salah satu warkop di Gresik yang buka siang pakai tirai penutup
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/ Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Untuk menjaga kenyamanan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gresik gelar patroli untuk memastikan seluruh warung yang buka pada siang hari harus memakai tirai penutup. Jika tidak, mereka bakal mendapatkan sanksi tegas.

Pemudik dari Bali ke Jawa Mulai Padati Pelabuhan Gilimanuk

Kepala Dinas Satpol PP Gresik AH Sinaga mengatakan pihaknya terus mengintensifkan patroli disejumlah ruas jalan. Ini dilakukan untuk memastikan warung yang buka siang hari memakai penutup tirai. 

"Kami tidak melarang warung buka siang hari untuk melayani orang yang tidak puasa. Syaratnya harus pakai penutup," ujarnya, Selasa, 12 Maret 2024.

Pengedar Narkoba Berkedok Pedagang Cilok Ditangkap, Ribuan Pil Dobel L Diamankan

Sinaga menjelaskan secara acak akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah titik. Bagi yang kedapatan melanggar imbauan akan diberikan sanksi tegas. 

"Secara acak nanti saya sendiri akan turun untuk melakukan sidak. Kami harap semuanya bisa menaati imbauan. Sehingga Ramadan tahun ini bisa kondusif, tertib dan nyaman," terang eks Kadisparbudkraf Gresik ini.

Polres Gresik Cek Stok BBM Subsidi di SPBU Jelang Hari Raya, Belum Ditemukan Penyalahgunaan

Sebelumnya, Satpol PP Gresik telah mengeluarkan imbauan nomor 331.1/138/437.90/2024. Ada empat poin pada surat imbauan Satpol PP Gresik.

Pertama, seluruh pemilik restoran dan warung makan agar menggunakan tirai saat melayani orang-orang tertentu (yang tidak wajib puasa. Kedua, pramusaji wajib menggunakan busana yang sopan bernuansa muslim selama Ramadan.

Halaman Selanjutnya
img_title