BNPT Tangkal Konten Radikal, Pakar: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

Remaja radikal, Muhammad Irfan Danyal Mohamad Nor
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Pengamat Terorisme Noor Huda Ismail mengatakan upaya mencerdaskan publik untuk menyaring konten-konten radikalisme bukan hanya tugas BNPT semata, tapi memerlukan dukungan dan keterlibatan banyak pihak sehingga efektif. 

BNPT Perkuat Wawasan Kebangsaan 235 Pendekar di Tulungagung

"Ya saya kira BNPT sudah berusaha ke arah sana, pencegahan. Tapi kerja-kerja seperti ini kan sangat sulit diukur tingkat efektifitasnya. Perlu keterlibatan banyak pihak, terutama dari kalangan pendidik, ustaz, tokoh masyarakat dan industri," kata Noor Huda Ismail, Sabtu, 30 Maret 2024

Dikatakan, pihaknya mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) dalam upaya mencerdaskan masyarakat agar mampu menyaring dan menyikapi konten-konten bermuatan radikalisme yang bertebaran di dunia maya.

Tidak hanya Bersosmed dan Ojek Online, Pengguna Aplikasi ViuiT bisa Mendapat Cuan

Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian itu mengingatkan bahayanya konten-konten bermuatan radikalisme karena mampu memberikan inspirasi dan validasi pada korbannya.

Konten-konten ini menyasar kelompok rentan, seperti orang-orang yang sedang belajar Islam dan mereka yang memang sudah simpati dengan kelompok mereka (community of practice). Termasuk, perempuan, remaja dan anak-anak, yang rentan terpapar bahaya radikalisme.  

Lindungi Generasi Muda dari Paham Radikalisme, BNPT Jatim Gelar Karakter ID

"Bahaya konten radikalisme itu memberikan inspirasi, validasi dan jika sudah masuk ke dalam channel-channel khusus mereka, terutama lewat Telegram, mereka diberikan tutorial yang details untuk eksekusi-aksi," ujarnya.

Ia menambahkan konten-konten radikalisme yang banyak ditemukan di media sosial akan bekerja efektif pada kelompok-kelompok rentan tersebut, sehingga upaya mencerdaskan masyarakat agar mampu menyaring dan menyikapi konten-konten radikal menjadi sangat penting. 

Halaman Selanjutnya
img_title