RPJPD dan RKPD Jatim Fokus pada Peningkatan SDM hingga Penurunan Angka Kemiskinan

Musrembang RPJPD dan RKPD Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Provinsi Jawa Timur, di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu, 3 April 2024.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menegaskan bahwa Musrenbang ini sangat penting karena merupakan bagian dari tahapan penyusunan RPJPD dan RKPD. Sesuai jadwal, RKPD 2025 akan ditetapkan pada akhir Bulan Juni 2024, sedangkan RPJPD 2025-2045 akan ditetapkan pada awal Bulan Agustus 2024.

Ia menegaskan bahwa penyusunan RPJPD ini telah disesuaikan dengan RPJPN dengan memfokuskan pada arah pembangunan yang berdampak bagi masyarakat serta digitalisasi pelayanan. 

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

“Fokus RPJPD dan RKPD Jawa Timur masih berorientasi pada peningkatan kualitas SDM, percepatan penurunan angka kemiskinan dengan target tahun 2025 sudah berada di bawah 10%, kemudian peningkatan infrastruktur jalan, serta transportasi publik modern yang memadai,” jelasnya kepada awak media.

“Untuk mencapai semua itu kuncinya adalah satu data dan integrasi kebijakan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota. Oleh karena itu Musrenbang ini digelar untuk menyinergikan kebijakan-kebijakan tersebut,” imbuhnya. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Penandatanganan P2HAM di sela Musrembang Pempov Jatim

Photo :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Menilik latar belakang tersebut, Pemprov Jatim merancang visi RPJPD 2025-2045 yakni Jawa Timur Berakhlak, Maju, Berdaya saing global, sejahtera, dan berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title