Pemudik dari Bali ke Jawa Mulai Padati Pelabuhan Gilimanuk

Pantauan Basarnas antrian panjang kendaraan pemudik ke Jawa
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Banyuwangi, VIVA Jatim- Menjelang hari raya idul fitri, pantauan udara tim Basarnas tampak antrian panjang kendaraan didominasi kendaraan roda empat yang akan memasuki gerbang pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, pada Minggu, 7 April 2024. 

Arus Balik Lebaran 2024, Berikut Tips Sederhana Hemat BBM

Dalam pantauan udara ini, tim Basarnas menggunakan helikopter jenis Dauphin AS365 N3+ HR-3603 yang terbang dari Juanda. Sebelum landing di hellypad Bulusan ASDP Ketapang, helikopter Basarnas melakukan patroli di alur penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

“Tampak antrian panjang kendaraan-kendaraan yang akan menyeberang ke Jawa saat Kami melintas di atas pelabuhan Gilimanuk tadi,” kata Muhamad Hariyadi, Kepala Kantor SAR Surabaya.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Hariyadi menambahkan, helikopter Basarnas dengan register HR 3603 ini disiagakan di Banyuwangi sebagai dukungan Alut udara selama pelaksanaan siaga SAR khusus Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

“Sesuai rencana, helikopter Basarnas ini akan melakukan patroli udara di atas penyeberangan Ketapang – Gilimanuk, untuk memantau kondisi penyeberangan laut dari Jawa menuju Bali dan sebaliknya, pada masa mudik dan balik Lebaran,” terang Hariyadi.

Pj Gubernur Jatim Harap Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Jadi Agenda Tahunan Nasional

Selain melaksanakan pantauan udara, helikopter BASARNAS juga akan digunakan untuk evakuasi jika ada pemudik yang membutuhkan jasa bantuan SAR yg sewaktu waktu tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi melalui jalur darat.

“Kami, Basarnas mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati selama melakukan perjalanan mudik, senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan,” jelas Hariyadi.