Politikus hingga Forkopimda Jatim Hadiri Halal Bihalal di Rumah Khofifah

Khofifah Indar Parawansa bersama para tokoh saat halal bihalal
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim - Sejumlah tokoh lintas elemen menghadiri halal bihalal yang digelar di rumah Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Kota Surabaya, Kamis, 11 April 2024. Di hari kedua open house dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah itu, banyak masyarakat umum juga hadir untuk bermaaf-maafan dengan Khofifah.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Di lokasi, terlihat hadir Forkopimda Jawa Timur. Ada Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, lalu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, dan Pangko Armada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo.

Hadir pula sejumlah politikus. Di antaranya anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDIP, Agatha Retnosari. Selain itu, hadir pula anggota DPR RI terpilih dari Partai Golkar yang juga mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Ketua FSPSI Jatim Achmad Fauzi, dan beberapa pengurus Pemuda Katolik.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Dari tokoh Islam, terlihat hadir keluarga besar dari Bani Wahab Chasbullah yang dipimpin Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaif. KH Wahab Chasbullah adalah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang juga pencetus tradisi halal bihalal. Ada juga keluarga besar PW Muslimat NU Jatim pimpinan Nyai Hj Masruroh Wahid.

Kepada hadirin, Khofifah mengatakan bahwa halal bihalal yang diisi kegiatan silaturrahim merupakan amalan penyempurna ibadah selama Ramadan. Ini sudah menjadi tradisi Muslim di Indonesia setiap Hari Raya Idul Fitri sejak lama.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Tradisi ini awal mulanya diperkenalkan oleh ulama pendiri Nahdatul Ulama, KH Abdul Wahab Chasbullah,” kata Khofifah.

Saat itu, lanjut Ketua Umum PP Muslimat NU itu, Presiden Soekarno silaturrahim pada Kiai Wahab dan menyampaikan tentang kondisi bangsa yang membutuhkan forum untuk bisa saling bersapa yang meneduhkan antarpemimpin politik di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
img_title