Detik-detik Kapal Kontainer Israel Disita Militer Iran

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)
Sumber :
  • The Iran Primer

Iran, VIVA Jatim –Sebuah kapal kontainer milik pengusaha Israel yang melintas di Selat Hormuz disita Angkatan bersenjata Iran ditengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran setelah serangan mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Penyitaan kapal itu dikomandoi oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), pasukan elit yang kehilangan tujuh anggotanya, termasuk dua jenderal, dalam serangan Israel di Suriah pada pekan lalu, menurut media pemerintah Iran. “Kapal tersebut kini telah dipandu menuju perairan teritorial negara kami,” dilansir dari VIVA pada Minggu, 14 April 2024.

Kapal tersebut diidentifikasi sebagai MSC Aries berbendera Portugal, yang dilaporkan berangkat dari sebuah pelabuhan di Uni Emirat Arab dalam perjalanan ke India. Kapal ini terkait dengan Zodiac Maritime yang berbasis di London, bagian dari Zodiac Group yang dijalankan dan dimiliki oleh pengusaha miliarder asal Israel Eyal Ofer dan keluarganya.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Seorang pejabat pertahanan Timur Tengah, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya untuk membahas masalah intelijen, memberikan video serangan tersebut kepada The Associated Press (AP) di mana pasukan komando Iran terlihat turun ke tumpukan kontainer di dek kapal.

Rekaman tersebut pun kini viral di media sosial, menunjukkan beberapa pasukan Iran terjun dari helikopter ke dek kapal menggunakan tali. Dalam rekaman video, seorang anggota kru terdengar berteriak: "Jangan keluar." 

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Dia kemudian memberitahu rekan-rekannya untuk pergi ke anjungan kapal karena semakin banyak pasukan komando yang turun. Satu komando terlihat berlutut di atas yang lain untuk memberi mereka potensi tembakan perlindungan.

Video tersebut sesuai dengan rincian yang diketahui dari MSC Aries. Selain itu, pasukan komando juga tampak terjun dari helikopter Mil Mi-17 era Soviet, yang pernah digunakan oleh Garda Revolusi dan Houthi yang didukung Iran untuk menyerang kapal-kapal musuh mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title