Survei KPK, Skor Integritas 2023 Pemkab Mojokerto Naik di Atas Nasional

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati sambutan saat peringatan Hakordia
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – KPK merilis Survei Penilaian Integritas (SPI) periode 2023. Indeks integritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto naik signifikan. Angka kenaikannya berada di atas indeks integritas nasional. 

2 Bupati Sidoarjo dari PKB Terjerat Korupsi, Cak Imin: Jangan Lagi Jatuh ke Lubang Sama

Tahun 2022, Pemkab Mojokerto mendapat skor 74.00 dan tahun 2023 naik menjadi 77.30. Kenaikan tersebut mengungguli skor integritas nasional di tahun yang sama yakni 70.97 dan rata-rata indeks Pemerintah Daerah Jawa Timur yang berada di angka 76.93.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Mojokerto, Poedji Widodo mengatakan, ada beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan Pemkab Mojokerto untuk meningkatkan nilai SPI lebih tinggi lagi. Di antaranya, melakukan perbaikan mendasar terhadap proses promosi dan mutasi pegawai bagi seluruh tingkat jabatan, perbaikan terhadap upaya pencegahan suap dan gratifikasi, memperkuat sistem keamanan internal, serta melakukan upaya pencegahan korupsi barang dan jasa yang telah dilakukan, serta meningkatkan prosedur dalam pelayanan.

Pecah Kongsi di Pilkada 2024, Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Berebut Rekom PKB

“Semoga Pemkab Mojokerto dapat mempertahankan, menginovasikan, dan memonitor secara berkala upaya-upaya yang telah dilakukan, dan juga bisa mempertahankan internalisasi kesadaran dan perilaku untuk melaporkan LHKPN di Kabupaten Mojokerto, meskipun sebagian besar responden menganggap tingkat kepatuhan pelaporan LHKPN tinggi," ujarnya

Merespon rekomendasi tersebut, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD). Hal itu untuk melakukan monitoring dan memetakan langkah-langkah kedepannya. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati

Photo :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

“Terkait mutasi dan promosi, perlu kita lebih ditegaskan lagi pelaporannya, sebab proses yang kita lalui sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, dokumen yang kita miliki juga sangat lengkap”, terang Bupati Mojokerto tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title