Bangun Kepercayaan Publik, PLN Jatim Ajak Mitra Terapkan Budaya K3 dan Anti Suap

Petugas PLN memperbaiki instalasi listrik
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA JatimPLN UID Jawa Timur mengajak mitra kerja menerapkan budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) serta Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dalam setiap pekerjaan. 

Tak Hanya Listrik, Petugas PLN Juga Wajib Tahu Cara Tangani Limbah B3

Ajaka itu disampaikan langsung oleh General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo saat kegiatan Sosialisasi Eskternal SMAP, pada Jumat, 3 Mei 2024.

Kegiatan ini diinisiasi sebagai tindak lanjut arahan Dewan Komisaris dan Direktur Utama terkait 4 No's yakni No Bribery, No Kickback, No Gift, No Luxurious Hospitality sebagai upaya mencegah konflik kepentingan dan pemberantasan korupsi.

PLN Jatim Kerahkan Ratusan Personel Bersihkan Sampah di Pantai Poncol Surabaya

Agus mengatakan, acara tersebut merupakan implementasi maturity level SMAP secara holistik dan berkelanjutan antara PLN dan mitra kerja.

"Penting bagi seluruh mitra kerja dan stakeholder PLN untuk menerapkan Integrity Due Diligence (IDD) dalam prosesnya, mengikuti sosialisasi SMAP dan menyeberluaskan ke seluruh elemen perusahaan. PLN UID Jawa Timur telah mendeklarasikan SMAP sesuai dengan  SNI ISO 37001 : 2016 sebagai wujud integritas PLN," papar Agus.

Demi Jaga Suplai Listrik, PLN Imbau Warga Madura di Sekitar SUTT Tidak Lakukan Ini

Penerapan SMAP ini juga merupakan upaya memerangi korupsi, membangun tata kelola yang baik dan mengukur kepercayaan pelanggan.

Menurut dia, SMAP yang dijalankan secara efektif akan menguntungkan bagi mitra dengan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih sehat dan fair, menghindarkan mitra dari risiko tindakan hukum atas pelanggaran penyuapan serta meningkatkan kepercayaan dalam hubungan bisnis.

Halaman Selanjutnya
img_title