Imigrasi Surabaya Terapkan Makkah Route bagi Jamaah Haji di Bandara Juanda

Para calon jamaah haji sedang menjalani pemeriksaan dokumen keimigrasian
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Kantor Imigrasi Surabaya mulai menerapkan layanan Makkah Route bagi calon jamaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya. Otoritas Imigrasi Arab Saudi didatangkan langsung ke Bandara Juanda Surabaya.

10 Orang Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Masih di Arab Saudi karena Sakit

"Makkah Route letaknya di Terminal 1 keberangkatan Bandara Internasional Juanda. Prinsipnya, kita menghadirkan otoritas Imigrasi Arab Saudi ke Indonesia," kata Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Ramdhani, Selasa, 14 Mei 2024.

Penerapan layanan ini merupakan pertama kali di musim haji tahun 2024. Yakni memindahkan proses pemeriksaan keimigrasian pada bandara kedatangan yang ada di Arab Saudi ke bandara keberangkatan di Indonesia.

Kloter Terakhir Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba, Total 81 Orang Wafat di Tanah Suci

Ada tiga bandara di Indonesia yang menerapkan layanan ini, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Juanda Surabaya.

Ramdhani menjelaskan, para jamaah calon haji akan menjalani proses pemeriksaan dan pemberian izin masuk ke negara Arab Saudi sebelum naik ke pesawat menuju ke Tanah Suci.

Besok Jemaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

Menurut Ramdhani, Makkah Route memberikan banyak keuntungan. Di antaranya mengurangi waktu antrean dan memperlancar proses keberangkatan dan jamaah calon haji tidak perlu lagi mengantre untuk proses keimigrasian di Arab Saudi.

Lalu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan jamaah calon haji sehingga membantu jamaah calon haji agar lebih siap dan fokus untuk melaksanakan ibadah, kemudian mengantisipasi penularan penyakit karena jamaah calon haji terhindar dari berdesak-desakkan di bandara kedatangan Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
img_title