Kemenkumham Jatim Tunjang Tugas BHP Surabaya agar tidak Ada Penyalahgunaan Harta

Kegiatan FGD di Jember dihadiri Dulyono
Sumber :
  • Humas Kemenkumham Jatim

Jember, VIVA Jatim – Dalam menyelesaikan dan memenuhi perlindungan hak keperdataan perwalian anak dan orang di bawah pengampuan Kanwil Kemenkumham Jatim menggandeng seluruh stakeholder untuk menunjang tugas dan fungsi Balai Harta Peninggalan (BHP) Surabaya selaku wali atau pengampu pengawas.

Berkat Waisak, 25 Narapidana Beragama Budha di Jatim Peroleh Remisi Khusus

"Hal ini untuk memastikan agar tidak ada penyalahgunaan penggunaan harta anak di bawah umur atau harta orang dibawah pengampuan," ujar Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) Kanwil Kemenkumham Jatim, Dulyono 

Dulyono menyampaikan hal itu saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema kibat Hukum Peralihan Harta / Hak Keperdataan Anak Belum Dewasa Dan Orang Yang Ditaruh Di Bawah Pengampuan Tanpa Keberadaan Wali / Pengampu Pengawas Balai Harta Peninggalan di Aston Hotel Jember, Selasa 14 Mei 2024.

Susun Naskah Akademik RUU TSP, Kemenkumham Jatim-Ditjen AHU Survei Napi Asing

Dulyono pun mengungkapkan pentingnya menyamakan persepsi tentang urgensi memberikan perlindungan hak keperdataan bagi mereka. Agar dalam pelaksanaannya lebih terkendali.

"Karena prosesnya cukup panjang, jika ada persepsi yang sama, maka dapat dipastikan prosesnya akan berjalan sesuai koridor yang ada," terangnya.

Memperkuat Identitas Daerah Melalui Perlindungan Kekayaan Intelektual Komunal

Sementara itu, Kepala BHP Surabaya, Hendra Andy Satya Gurning memberikan contoh riil pelindungan hak keperdataan itu melalui kasus Gala Sky Andriansyah. Kecelakaan maut yang menewaskan kedua orang tuanya, Vanessa Angel dan Febri Andriansyah pada tragedi di Tol Nganjuk arah Surabaya KM 672+400A di Jawa Timur membuatnya mendapatkan pelindungan hak keperdataannya. 

"Atas kepergian kedua orangtuanya, Gala tentu membutuhkan perwalian atau pengampuan untuk mendampinginya hingga dia tumbuh dewasa," ucap Hendra. 

Halaman Selanjutnya
img_title