Ada Kiai Marzuki dan Ida Fauziyah di Bursa Pilgub, tapi Khofifah Masih Unggul

Pemaparan hasil survei Pilgub Jatim oleh ARCI
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKhofifah Indar Parawansa di bursa calon Gubernur Jawa Timur pada Pilgub Jatim 2024 tak tergoyahkan. Hingga kini, elektabilitasnya tetap berada di posisi puncak versi lembaga survei ARCI. Namun ada dua figur yang baru muncul ke permukaan dengan angka signifikan, yakni KH Marzuki Mustamar dan Ida Fauziyah.

Survei ARCI Pilkada Bojonegoro 2024: Nurul Azizah Ungguli Anna Muawanah

"Saat kami mengajukan pertanyaan kepada para responden, apabila pemilihan Gubernur Jawa Timur dilakukan saat ini dan nama-nama ini sebagai calon gubernur siapakah yang bapak ibu atau saudara pilih? 42,1 persen memilih Khofifah Indar Parawansa," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu, 15 Mei 2024.

Angka tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan ARCI pada mengatakan, survei ARCI tersebut dilakukan mulai tanggal 1 hingga 10 Mei 2024 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 38 kabupaten maupun kota se-Jatim. Metode survei menggunakan stratified multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

‘Doping’ Halal ala Khofifah Indar Parawansa

"Populasi survei ini adalah Warga Negara Indonesia di Provinsi Jawa Timur yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku. Yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat wawancara dan bukan anggota TNI/Polri," ujar Baihaki.

Selain Khofifah, Baihaki menyebutk ada lima nama yang elektabilitasnya cukup signifikan. Mereka ialah Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad, mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ketua Golkar Jatim M Sarmuji, Menaker Ida Fauziyah, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Baliho Khofifah-Kharisma Tanda Kader Gerindra Tak Mau Emil Dardak

Elektabilitas Anwar Sadad berada di posisi kedua setelah Khofifah, yakni 13,8 persen. Sementara posisi ketiga ditempati Achmad Fauzi dengan persentase 11,2. Di bawahnya ada Sarmuji 10,9 persen, lalu Kiai Marzuki Mustamar 10,7 persen, dan Ida Fauziyah 9,2 persen.

Dalam simulasi tiga nama, Baihaki menjelaskan elektabilitas Khofifah semakin menguat di angka 49,3 persen. Di bawahnya ada Kiai Marzuki Mustamar di angka 20,5 persen, dan Anwar Sadad 17,7 persen. Untuk responden yang belum menentukan 12,5 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title