Elektabilitas Gus Fawait Memuncak Kalahkan Petahana

Elektabilitas Gus Fawait memuncak
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jember, VIVA Jatim – Bakal Calon Bupati Jember Muhammad Fawait puncaki hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Gus Fawait mendapat elektabilitas tertinggi dengan 36,5 persen. 

PKB Resmi Rekom Gus Fawait Maju di Pilkada Jember 2024

Ada beberapa nama di bawah Gus Fawait yang menguat di bursa Pilbub Jember. Posisi kedua ada petahana Hendy Siswanto 33,8 persen dan posisi ketiga Faida 19,3 persen. Ada 10 nama bakal calon Bupati Jember yang ditemukan Indikator Politik Indonesia, namun tujuh nama lainnya memiliki elektabilitas kurang dari tiga persen. 

Setelah dilakukan pengerucutan tiga nama bakal calon bupati, antara Faida, Hendy Siswanto, dan Gus Fawait juga kembali terjadi persaingan sengit. Namun nama Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim masih unggul dari Hendy Siswanto. 

NasDem Beri Surat Rekomendasi ke Gus Fawait Maju di Pilkada Jember

"Gus Fawait masih tetap unggul di posisi pertama dengan elektabilitas 38,8 persen dengan ditempel ketat oleh Hendy Siswanto di posisi kedua dengan raihan elektabilitas 33,9 persen," kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, Sabtu 18 Mei 2024. 

"Ada pun tingkat elektabilitas mantan bupati Faida 21,6 persen. Responden TT/TJ sebesar 5,7 persen," katanya. 

Survei TBRC Sebut Faida Digandrungi Masyarakat untuk Pimpin Jember

Sementara itu, saat dilakukan simulasi head to head antara Gus Fawait dengan Hendy Siswanto, kedua nama itu mengalami lonjakan signifikan. Eleketabilitas Gus Fawait 49,3 persen masih tetap unggul atas hendy Siswanto 42,9 persen. 

"Pun dalam simulasi head to head antara Faida dan Muhammad Fawait. Elektabilitas Gus Fawit 57,2 persen dan elektabilitas Faida 30,2 persen," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title