Mural di Jalur Sepeda Bikin Estetik Jalanan Seputar Alun-alun Trenggalek

Komunitas Mural mewarnai jalur sepeda di Alun-alun Trenggalek
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Jalur sepeda di seputaran Alun-alun Trenggalek menarik perhatian para pengendara. Pasalnya berwarna-warni. Komunitas Mural bersama Pemkab Trenggalek membuat jalur sepeda aman sekaligus menjadi lebih estetik. 

Melihat Eksotisme Pantai Mutiara hingga Ekspor Tangkapan Ikan Tuna

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, mural ini merupakan prototype sekaligus mempraktekkan salah satu riset di beberapa negara yang sudah maju sebagai percontohan.

"Selain berlalu lintas dengan aman, untuk mempromosikan ruang untuk pejalan kaki, mempromosikan ruang bagi pengguna sepeda, caranya dengan mewarnai," kata Mochamad Nur Arifin dalam keterangannya diterima VIVA Jatim, Kamis, 23 Mei 2024.

Mas Ipin Rilis 'Trengggalek Baby': Berani Bermimpi, Maju, Lestari

Menurut Mas Ipin, sapaan akrabnya, kondisi jalan di Trenggalek merupakan relatif sempit. Ketika pemerintah membuat jalur sepeda terproteksi otomatis memakan ruang cukup banyak tempat.

"Kita akan coba awal nanti, kita lakukan pewarnaan. Prototypenya mulai dari pusat kota bersambung ke Pasar Pon sebagai hobility hub," paparnya.

Pj Gubernur Jatim di HUT ke-24 APKASI: Forum Kuat Berikan Masukan ke Pemerintah

Ia menambahkan di Pasar Pon nanti ada area e-commerce, area tempat halte dan juga pusat informasi. Selain itu, digunakan display, ruang terbuka hijau serta pusat-pusat kegiatan dan sentra PKL.

Pasar Pon nanti akan menjadi Hub dengan Connecting Areanya ke tempat wisata yang menjadi prioritas utama. Ia tengah menyiapkan prototype untuk pariwisata.

Halaman Selanjutnya
img_title