3 Rumah-1 Kandang di Lamongan Terbakar, 4 Ekor Sapi Mati Terpanggang

Rumah warga Lamongan terbakar
Sumber :
  • VIVA Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – Tiga rumah dan satu kadang sapi milik warga Desa Gunung Rejo, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, terbakar. Akibatnya, 4 ekor sapi mati terpanggang. Rumah itu Masudianto (54), Turmudi (65) dan Semi (65), serta kandang sapi milik Tarmono (41).

Satu Rumah di Trenggalek Hangus Terbakar Penyebab Sementara Korsleting Listrik

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satpol Pol PP Lamongan Siswanto mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada Senin 3 Juni 2024, sekira pukul 10.00 WIB. 

Kebakaran diduga bermula dari sisa pembakaran api unggun atau bediang di lokasi kandang. Api itu kemudian menyulut jerami dan merambat ke bagian bangunan kandang. Api bediang itu awalnya difungsikan sebagai penghangat dan pengusir nyamuk.

Kebakaran di Juwingan Surabaya, Hanguskan 1 Rumah dan 5 Ruang Kelas Madrasah

"Seluruh bangunan hangus terbakar beserta 4 ekor sapi di dalamnya. Kebakaran juga merambat ke rumah warga warga lainnya," kata Siswanto.

Ia menjelaskan, kobaran api menyala begitu cepat sehingga pemilik tidak bisa menyelamatkan hewan peliharaanya. Petugas Damkar korwil Babat, segera menangani api namun kandang sudah terlanjut terbakar dan hanya bisa menyelamatkan rumah warga imbas rembetan api.

Truk Pengiriman Barang di Lamongan Terbakar gegara Paket Meledak

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun para korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp500 juta. 

"Kerugian ditaksir kurang lebih Rp300 juta karena ada 4 ekor sapi dan bangunan yang terbakar," jelasnya.