Simulasi Cagub dan Cawagub Jatim, Duet Khofifah-Fauzi Berpeluang Besar

Khofifah Indar Parawansa dan Achmad Fauzi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Dalam simulasi Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur yang dilakukan oleh Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), menempatkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi tertinggi yang paling diminati oleh responden. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Direktur ARCI Baihaqi Siraidj mengungkapkan, pasangan ideal ini dianggap memiliki peluang besar pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang lantaran memiliki kelebihan masing-masing dalam memimpin. Khofifah sebagai Gubernur Jawa Timur memiliki basis massa yang kuat, utamanya di kalangan warga NU. Sedangkan Ahmad Fauzi sebagai Bupati Sumenep telah banyak menorehkan prestasi selama memimpin.

“Khofifah punya basis massa yang kuat di kalangan Nahdliyin, tentu ini modal yang sangat penting. Juga Bupati Fauzi cukup berhasil memimpin Kabupaten Sumenep, terbukti dari sejumlah prestasi yang ditorehkan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Viva Jatim pada Rabu 30 November 2022. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Bahkan, kata Baihaqi, bila Fauzi berhasil meyakinkan partainya, yakni PDI Perjuangan untuk maju sebagai Cawagub Jatim di 2024 mendatang, maka peluang kemenangan akan semakin besar. 

Pernyataan Baihaqi rupanya didasari dengan persentase simulasi pasangan Khofifah-Fauzi yang cukup tinggi. Yakni 41,3 persen. Kemudian disusul pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas dengan elektabilitas 15,7 persen dan Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi 19,5 persen. 

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Selain simulasi pasangan cagub dan cawagub, ARCI juga melakukan survei cawagub Jatim, Hasilnya tiga tokoh muda potensial menempati posisi teratas. Mereka adalah Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak memperoleh 18,1 persen, Walikota Surabaya Eri Cahyadi 8,5 persen dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi 6,8 persen.

“Tren elektabilitas tiga nama ini terus mengalami kenaikan dibanding periode sebelumya,” pungkasnya.