Survei ARCI di Jatim: PKB Tertinggi, Golkar Bayang-bayangi Gerindra

Hasil survei partai politik di Jatim versi ARCI
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, elektabilitas PKB masih teratas dengan elektabilitas 17,8 persen. Yang menarik, Golkar terus merangkak dan membayang-bayangi Gerindra yang berada di posisi tiga teratas.

Demokrat Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024

Direktur ARCI Baihaki Siraijt mengatakan, di bawah PKB ada PDIP di posisi kedua dengan angka 14,1 persen. Sedangkan posisi ketiga dipegang Gerindra dengan 13,9 persen. Sementara posisi keempat ditempati Golkar dengan angka 12,6 persen. 

“PKB masih teratas, tetapi angkanya belum aman,” katanya di Surabaya dikutip Kamis, 1 Desember 2022.

Incumbent Maryoto Optimis Dapat Rekom PDI Perjuangan Tulungagung

Baihaki menyorot Golkar yang mulai merangkak naik dibandingkan hasil survei sebelumnya. "Golkar mulai menunjukkan progres. Pemberitaan Golkar yang masif, dan ketua Golkar Jatim Sarmuji rajin turun ke daerah-daerah mulai membuahkan hasil," jelasnya.

Kata dia, Golkar terus membayangi Gerindra dengan selisih 1,3 persen dan dengan PDIP selisih 1,5 persen. Padahal, pada survei ARCI Agustus 2022 lalu, elektabilitas Golkar di Jatim sebesar 10,2 persen dan kini menjadi 12,6 persen. 

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

Sangat mungkin ke depan Partai Beringin merangsek ke posisi tiga teratas. "Progres Golkar di Jatim cukup pesat," tandas Baihaki. 

Dia menambahkan, persaingan parpol di Jatim sangat dinamis khususnya untuk memperebutkan posisi tiga besar. Menurutnya, belum ada partai di jajaran 3 besar yang aman, termasuk PKB di posisi teratas, karena hanya berselisih sekitar 3 persen dari pesaingnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title