Terkait Izin Tambang untuk PBNU, Menteri ESDM: Dalam Proses Administrasi

Menteri ESDM, Arifin Tasrif
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkap Izin Usaha Pertambangan khusus (IUPK) untuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sedang dalam proses administrasi. Hal itu ia jelaskan usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

PCNU Surabaya Serahkan Kasus Lambang NU Dipelesetkan ke PBNU

"Dalam proses administrasi (Perizinan buat NU)," kata Arifin. 

IUPK tersebut, lanjut Arifin, nantinya akan diterbitkan berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Ini rekomendasi dari investasi (BKPM). Pertambangan tetap di kita (Kementerian ESDM). Kalau investasi itu kan semuanya dari BKPM," ujar Arifin seperti dikutip Antara.

Menurutnya, proses IUPK NU diperkirakan bisa keluar pada tahun ini. "Kayaknya (tahun ini) iya (keluar IUPK)," katanya. 

Pagar Nusa dan Masyarakat di Sumenep Perbaiki Jalan Rusak secara Swadaya

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadilia menyatakan akan segera menerbitkan izin usaha pertambangan (IUP) pengelolaan batu bara untuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), guna mengoptimalkan peran organisasi keagamaan.

"Atas arahan dan pertimbangan dari beberapa menteri, bahkan telah disetujui oleh Bapak Presiden Jokowi, kita akan memberikan konsesi batu bara yang cadangannya cukup besar kepada PBNU untuk dikelola dalam rangka mengoptimalkan organisasi," ujar Bahlil dalam keterangannya di Youtube Kementerian Investasi dikutip di Jakarta, Senin 3 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title