Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Ratusan Anak PAUD dan TK di Gresik Pawai Obor

Ratusan siswa PAUD dan TK mengikuti tradisi pawai obor memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim –Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, ratusan anak PAUD dan TK antusias mengikuti pawai obor keliling kampung di Desa Kramat Mengare, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Sabtu, 6 Juni 2024 malam. Anak-anak itu juga membawa pernak-pernik dan ornamen seperti lampu hias berbentuk bintang dan lainnya.

Menengok Ragam Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia

Ratusan anak PAUD dan TK didampingi para guru dan masyarakat serta orang tua mengikuti tradisi pawai obor yang sudah berjalan cukup lama dari tahun-ke tahun.

“Tradisi ini sudah berjalan setiap tahun. Tujuannya untuk mengenalkan tahun baru Islam kepada generasi muda khususnya akan-anak,” kata Zamrawi.

Muslimat NU Sumenep Sambut Tahun Baru Islam dengan Khatmil Quran dan Tumpengan

Ia menjelaskan ada sekitar 200 warga yang mengikuti tradisi pawai obor dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah tersebut, termasuk diantaranya anak-anak dan emak-emak.

“Pesertanya sekitar kurang lebih 200 orang, didominasi anak-anak, kita pawai keliling kampung sambil membawa obor dan melantunkan shalawat,” terangnya.

Tradisi Ngesti Suro di Bumi Majapahit Penuh Khidmat

Menurutnya, pelibatan anak-anak dalam tradisi pawai obor dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah ini sekaligus sebagai wahana memperkenalkan hari besar Islam sejak dini.

“Agar anak-anak kita nantinya menjadi generasi yang tidak hanya memiliki jiwa nasionalisme tinggi, tetapi juga agamis dan religius,” ucap Zamrawi.

Halaman Selanjutnya
img_title