Puluhan Jurnalis Keracunan, Diduga Karena Hidangan Panitia

Ilustrasi keracunan makanan
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Peserta Pelatihan Literasi Bank Indonesia (BI) di Banyuwangi Jawa Timur mengalami keracunan. Dugaan sementara karena puluhan jurnalis itu mengonsumsi hidangan yang disediakan panitia. Mereka mengalami diare dan muntah-muntah. Bahkan beberapa peserta di antaranya dilarikan ke rumah sakit setempat.

Kendalikan Inflasi Pangan di Jatim, Pj Gubernur Adhy Gagas Skema Program Korporasi Petani

Salah satu korban, inisial A, menceritakan hal itu bermula saat puluhan jurnalis peserta acara BI berkunjung ke Alas Purwo. Di sana mereka disuguhkan makan siang oleh panitia, dengan menu seafood dan minuman es.

“Di sana kami disuguhi makanan seafood dan es,” kata A, dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Senin 12 Desember 2022.

Seorang Suami di Malang Paksa Istrinya Minum Cairan Pembersih Lantai hingga Tewas

Usai menyantap makanan itu, mereka kembali ke hotel. Malam harinya, A mengaku mulai merasakan gejala aneh. Ia diare, mual. Hingga badannya lemas.

“Saya mulai diare beberapa kali, muntah-muntah juga sampai lemas,” kata wartawan asal Surabaya itu.

Fantastis! Utang Luar Negeri RI Tembus Angka Rp6.327 Triliun

Gejala yang sama ternyata juga dialami puluhan jurnalis lainnya. Oleh panitia mereka lalu dilarikan menggunakan ambulans ke RSUD Blambangan dan RS Yasmin, Senin dini hari.

Usai dirawat di RS, A mengaku saat ini kondisinya sudah membaik. Ia sendiri dan beberapa jurnalis lain, sudah kembali ke Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title