Nataru 2022, BPBD Jatim Fokus Kesiapsiagaan Tempat Wisata

Pemprov Jatim kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur tengah fokus kesiapsiagaan tempat wisata menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Terutama di delapan daerah bagian selatan di Jatim khususnya Malang.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

"Yang menjadi perhatian dan fokus menjelang Nataru ini, adalah daerah selatan Jatim yang punya potensi wisata yang dikunjungi banyak pengunjung seperti daerah Malang," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Gatot Soebroto kepada wartawan, Rabu, 14 Desember 2022.

Gatot menjelaskan, delapan daerah di bagian selatan Jatim yang rawan tsunami disebabkan oleh megathrust. Setiap tahun, ada lempeng yang bergerak di zona itu. "Karena di Selatan Jawa ada megathrust. Itu pertemuan lempeng, setiap saat bergerak, sekitar 7 mm per-tahun bergerak," ujarnya.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Megathrust bisa diartikan sesuai dengan kata penyusunnya. Mega berarti besar, sementara thrust berarti dorongan. Dorongan di sini adalah gerak sesar naik yang dapat menimbulkan gempa dan tsunami.

Namun, tidak semua gempa megathrust akan menimbulkan tsunami. Karena untuk terjadi tsunami, harus terpenuhi beberapa syarat yaitu kekuatan yang besar, hiposenter yang dangkal, dan gerakan sesar naik. 

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

"Kami sudah meminta kepada BPBD di daerah agar selalu siaga dan menyiapkan personil, guna mengantisipasi adanya bencana," tegasnya.

Selain Malang, lanjut Gatot, BMKG juga memetakan ada tujuh daerah selatan Jatim yang juga rawan bencana tsunami kategori tinggi. Yaitu Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan.

Halaman Selanjutnya
img_title