BPBD Jatim Pastikan Siaga Hadapi Potensi Bencana Alam

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Subroto.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur telah siap siaga mengantisipasi musim hujan yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi dan menimbulkan longsor, banjir, angin kencang dan pohon tumbang. Kesiapsiagaan tersebut harus dilakukan agar tidak terjadi korban jiwa dan meminimalisir berbagai kejadian.

Kekeringan di Lamongan Semakin Meluas, 13 Kecamatan Kesulitan Air Bersih

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Gatot Subroto. Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan kebencanaan, termasuk meminimalisir dampaknya jika sewaktu-waktu bencana datang. 

"Kami sudah memetakan wilayah-wilayah yang memiliki potensi banjir, serta titik-titik tertentu yang dapat dijadikan posko darurat," ungkap Gatot Subroto, Kamis 3 Oktober 2024. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 September 2024: Berawan hingga Hujan Ringan Sore Hari

Agar persiapan penanganan bencana lebih maksimal, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kabupaten/kota di seluruh Jatim terkait memastikan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam 

Gatot menjelaskan bahwa BPBD Jatim telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk perahu penyelamat, logistik, serta kebutuhan dasar lainnya bagi masyarakat yang terdampak bencana nantinya. 

Update Cuaca Jatim, Beberapa Wilayah Akan Diguyur Hujan Dua Hari ke Depan

"Kami memastikan semua perlengkapan, termasuk perahu karet dan logistik, telah siap di beberapa titik yang berpotensi terdampak bencana," terangnya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lanjut Gatot menjadi mitra BPBD Jatim dalam memprediksi daerah-daerah yang berpotensi terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk pemantauan potensi curah hujan yang dapat memicu terjadinya banjir. 

Halaman Selanjutnya
img_title