Prediksi Penumpang di Stasiun Tulungagung Meningkat 40 Persen saat Nataru 2022-2023

Suasana penumpang di Stasiun Tulungagung
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Libur Natal dan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari, banyak masyarakat yang berlibur atau sekadar mengunjungi kampung halaman. Moda transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) masih menjadi pilihan, terbukti kenaikan mencapai 40 persen dari hari sebelumnya.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

"Untuk jumlah penumpang itu KA Jarak Jauh untuk hari Jum'at, Sabtu dan Minggu kenaikannya 10 persen. Kalau hari biasa kenaikan bisa 40 persen di momen Nataru ini," ungkap Kepala Stasiun Tulungagung, Sudaryoto saat ditemui di ruang tunggu Stasiun Tulungagung, Jum'at 23 Desember 2022.

Sudaryoto menuturkan kenaikan cukup signifikan penumpang Libur Nataru di tahun ini meningkat karena berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya 2021 masih suasana pandemi dan berlaku pembatasan bepergian.

Bus Bagong Kena Tilang Polisi gegara Nekat Lawan Arus Lalu Lintas di Tulungagung

Menurutnya, penumpang meningkat dari hari Kamis kemarin, berbarengan dengan liburan anak sekolah. Penumpang hari ini diprediks sekitar 400 penumpang untuk KA Jarak Jauh. Sedangkan untuk KA Lokal kurang lebih 1.000 penumpang.

"Lalu yang turun ini KA Jarak Jauh 566 penumpang, sementara KA Lokal 1.582. Lebih banyak turunya daripada naiknya," bebernya.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Pria asal Jawa Tengah ini menambahkan, ketersediaan tiket untuk KA Lokal pemesanan h-7 untuk hari Jum'at, Sabtu, Minggu sudah habis terjual. Untuk KA Jarak Jauh masih ada ketersediaan baik arah Jakarta maupun ke arah Bandung.

Ia menyebutkan, prediksi puncak padatnya penumpang diprakirakan malam ini, dari arah Jakarta maupun Bandung. Lalu hari Sabtu tanggal 24 dan  25 Desember 2022 puncak Natal. Selain itu liburan Natal yang berbarengan dengan libur anak sekolah menjadi salah satu penyebab kepadatan penumpang. 

Halaman Selanjutnya
img_title