Banjir Merata di Pulau Madura, Kalaksa BPBD Jatim: Sudah Mulai Surut

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Hujan dengan intensitas tinggi selama sepakan terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah di Pulau Madura, mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep tergenang banjir. Jalan nasional penghubung antar kabupaten pun terganggu. 

150 Warga Binaan Lapas Narkotika Pamekasan Ikuti Program Rehabilitasi

Sejak Sabtu lalu, 31 Desember 2022 banjir hanya menggenangi dua kabupaten saja. Yakni Kabupaten Bangkalan dan Pamekasan. Namun karena intensitas hujan belum melandai, banjir pun meluas hingga dua kabupaten lainnya, yakni Sumenep dan Sampang. Hingga Minggu, 1 Januari 2023 kemarin terpantau air masih menggenangi di sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga bahkan juga area persawahan yang mayoritas telah ditanami padi. 

Banjir yang melanda empat kabupaten di Madura itu terjadi di sejumlah titik, utamanya di kawasan perkotaan dan sejumlah lokasi yang berada di posisi terendah. Seperti di sekitar area Monumen Trunojoyo, Sampang, area persawahan jalur masuk Kota Sumenep, dan di daerah Blega dan Arosbaya Bangkalan. 

Hadapi Kejuaran Dunia MMA 2024, Atlet Muda Indonesia Disiapkan Sejak Dini

Meski begitu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Gatot Soebroto mengatakan bahwa berdasarkan peninjauan yang dilakukan pagi ini, Senin, 2 Januari 2023, kondisi banjir mulai surut. Meski di sejumlah titik masih terdapat genangan air, utamanya di area perkotaan. 

“Sebagiamana diketahui banjir itu merata mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan sampai dengan Sumenep. Tetapi hasil pantauan kami update pagi ini, banjir sudah mulai surut. Termasusk di Pamekasan sudah surut, daerah Blega Bangkalan sudah surut, tinggal beberapa genangan di daerah Arosbaya Bangkalan. Sampang juga beberapa sudah surut, tinggal di wilayah kota yang masih ada genangan. Di sumenep masih ada sisa genangan banjir,” kata Gatot saat dikonfirmasi Viva Jatim, Senin, 2 Januari 2023.

Pj Gubernur Adhy Karyono: Jawa Timur Rumah Nyaman bagi Semua Etnis dan Agama

Meski begitu, ia berharap hari ini genangan air terus surut. Sehingga mobilitas dan perekonomian masyarakat di empat kabupaten itu normal kembali. Utamanya ruas jalan nasional yang memang menjadi akses utama keluar masuk pulau Madura.

Ia pun mengumbau masyarakat tetap mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur. Gatot menyebut bahwa di sisi selatan dan utara Pulau Jawa masih sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Termasuk juga adanya potensi banjir rob di sejumlah titik akibat kondisi air laut yang sedang naik.

Halaman Selanjutnya
img_title