Momen Panglima TNI hingga Kapolri Jadi Wayang Orang Pondowo Boyong

Petinggi TNI-Polri tampil jadi wayang orang
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Dalam rangka melestarikan budaya Indonesia, petinggi TNI-Polri tampil dalam pagelaran wayang orang memerankan sejumlah tokoh cerita Pondowo Boyong, di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat pada Minggu, 15 Januari 2023 kemarin. 

Baru Dilantik, Menkopolhukam Baru Sudah Dapat Laporan dari Kapolri dan Panglima soal Pemilu 2024

Mereka adalah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listiyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Panglima TNI berperan sebagai Bima Sena, Kapolri sebagai Prabu Puntadewa, KSAD sebagai Batara Guru, KSAL sebagai Batara Baruna dan KSAU sebagai Resi Abayasa. Momen itu pun menjadi kejutan lantaran semuanya memerankan tokoh tersebut dengan baik. Istri Panglima TNI, Nyonya Vero Yudo Margono  juga berperan sebagai Dewi Nagagini Eyong. 

Tinjau Kesiapan Pemilu 2024, TNI-Polri Gelar Operasi Gabungan Keliling Gresik

Panglima TNI Yudo Margono mengatakan gelaran wayang orang yang digagasnya sejak dirinya masih menjabat sebagai KSAL itu bertujuan untuk melestarikan budaya asli Indonesia. Bahkan dirinya menyebut, wayang orang yang diperankan oleh petinggi TNI-Polri itu sebagai wujud kolaborasi dalam menjaga kedaulatan dan kemanan NKRI. 

“Ini tentunya kita bersama-sama melestarikan budaya asli Indonesia. Sekaligus ini adalah sinergitas TNI-Polri selain menjaga kedaulatan, keamanan dan melundungi segenap tumpah darah Indonesia,” kata Laksamana TNI Yudo Margono. 

Gubernur Khofifah Makin Optimis Pemilu 2024 di Jatim Aman dan Damai

Pagelaran wayang orang Pondowo Boyong itu juga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera TNI Angkatan Laut yang jatuh pada 15 Januari 2023. 

Guna memeriahkan pagelaran wayang tersebut, pihak penyelenggaran juga melibatkan setidaknya 400 prajurit TNI Angkatan Laut dan sejumlah artis papan atas Indonesia serta masyarakat sipil lain seperti Laskar Indonesia Pusaka (LIP) dan grup wayang orang Bharata. 

Halaman Selanjutnya
img_title